AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Alasan mengapa Tidak boleh Memotong rantai sepeda Motor

Memotong Rantai Sepeda Motor – Rantai adalah komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk menyambiungkan putaran roda menuju mesin motor. Kerjanya pun terbilang berat, karena menyalurkan tenaga sebagai penggerak sepeda motor.

Pada dasarnya seiring dengan pemakaian. Rantai sepeda motor  tidak bisa bertahan selamanya, karena pasti juga terdapat batas pakai. Apabila sudah lama maka rantai sepeda motor akan kendur atau melar. Kondisi tersebut bisa mendatangkan masalah di jalanan seperti rantai terlepas atau bisa terjadi rantai motor putus di tengah jalan.

memotong rantai sepeda motor

Untuk solusi masalah rantai kendur bisa mengencangkannya dengan mengubah posisi ban belakang lebih kebelakang supaya rantai bisa kembali seperti ukuran yang disarankan. Biasanya kalau sudah kendor rantai dilakukan pemotongan, namun perlu diketahui bahwa memotor rantai sepeda motor sangat tidak disarankan oleh pabrikan.

“Memotong rantai itu tidak pernah disarankan, meski katanya ada ukuran maksimal memotong dua mata rantai. Tapi baiknya tidak dilakukan,” ucap Dedi Novarianto, mekanik AHASS Bintang Motor.

Alasan mengapa tidak boleh memotong rantai sepeda motor adalah karena bisa mempengaruhi keamanan berkendara. Pengaruh yang timbul ketika memotong rantai sepeda motor adalah lebih riskan bermasalah dan juga dapat mempengaruhi kinerja dari gir motor. Jadi memotong mata rantai biasanya menjadi pilihan terakhir apabila sang pemilik mengalami kekurangan dana untuk membeli rantai baru.

Pada dasarnya pergantaian rantai motor dan gir satu set mempunyai umur yang relative sama, jadi pergantian bis dilakukan dengan bersamaan. Sangat berbeda apabila pergantiannya dilakukan satu persatu, pastinya menjadikan kinerja rantai dan gir tidak akan seimbang.

 “Makanya kalau beli biasanya satu set. Ini agar waktu penggunaannya sama dan waktu penggantiannya bisa sekaligus,” ucap Dedi.

Cara supaya rantai motor agar bekerja dengan maksimal adalah dengan melakukan perawatan. Untuk masalah perawatan rantai sepeda motor bisa dilakukan dengan member pelumas secara berkala dan juga penyetelannya juga dilakukan secara berkala.

Baca juga: Cara Merawat Motor Modifikasi Dengan Mudah

Demikianlah informasi tentang alasan tidak boleh memotong rantai sepeda motor dan juga cara merawatnya, semoga bermanfaat dan bisa menjadikan tambahan ilmu untuk menjadi lebih baik dalam melakukan perawatan sepeda motor kesayangan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com