AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

8 Langkah Memperbaiki Motor 4 Tak yang Terendam Air

Memperbaiki Motor 4 Tak yang Terendam Air – Pembahasan kali ini tentang sepeda Motor jenis 4 Tak/ Stroke. Setelah lama digunakan pastinya Motor tersebut butuh yang namanya perawatan baik pada mesinnya supaya kinerja tetap maksimal dan awet. Nah berikut ini ada 8 tips yang bisa Anda lakukan di rumah sebagai langkah perawatan Motor 4 Tak.

Adapun kasus yang dibahas adalah sepeda Motor yang mesinnya terendam banjir karena banjir atau terperosot ke sungai sehingga sangat perlu untuk dilakukan perawatan. Apabila terperosok ke dalam sungai atau kali pastinya mesin akan kemasukan air, namun tenang saja. Anda tidak perlu melakukan bongkar mesin karena Anda cukup melakukan hal mudah dan sederhana di bawah ini.

Lihat juga: Perbedaan Mesin motor jenis 2 Tak dan 4

memperbaiki Motor 4 Tak yang Terendam Air

Tips merawat dan memperbaiki Motor 4 Tak yang terendam air

  1. Lepaskan filter udara dari tempatnya dan ambillah sarangannya, kemudian Anda bisa mengelap seluruh bagian filter udara pada Motor termasuk sarangannya menggunakan kanebo atau lap yang bisa meresap air sampai kering.
  2. Keringkanlah kabel busi, koil dan juga distributor dari adanya embun ataupun air, Anda juga bisa menggunakan lap yang meresap air.
  3. Kuraslah oli dengan membuka penutup bawah mesin hingga oli keluar dari mesin sempurna atau benar-benar tuntas.
  4. Setelah pengurasan Oli selesai diamkan sejenak, setelah itu isilah mesin dengan Oli Spesial yang larut air seperti Esso Kutwell 30,40,45 atau 50, Shell dromus B,Total Lactuca LT2 atau Mobilmet 122/110. Perlu diingat biasanya ukuran stardarnya adalah 0,9 liter tetapi isilah 1 liter full.
  5. Untuk langkah selanjutnya Anda bisa menggerakkan mesin dengan menyelah starter kaki tanpa dihidupkan (Kontak kondisi Off) sekitar 30 kali dengan posisi bensin tertutup.
  6. Setelah langkah di atas dilakukan, kemudian kuras kembali Oli pelarut tersebut dengan cara seperti di atas. Kemudian semprot dengan menggunakan compressor sampai bersih. jangan lupa anda bisa perhatikan warnanya jika warna oli tersebut memiliki warna putih susu itu menandakan bahwa ada air yang dilarutkannya dan tunggu sekitar satu jam agar semua cairan oli pelarut terkuras habis.
  7. Nah apabila telah bersih kemudian isi kembali menggunakan oli dari pertaina Mesran Super 20W50 atau enduro. Apabila telah dirasa cukup maka langkah selanjutnya adalah menghidupkan mesin sampai 1 jam supaya mesin menjadi panas. Setelah itu kuras kembali Oli mesin dan pastikan bahwa tidak ada air dalam Oli dan filter oli.
  8. Setelah menguras oli kemudian isi kembali dengan Oli Enduro atau Mesran Super 20W/50 dan jreng silahkan seeda Motor 4 Tak Anda digunakan seperti biasa.

Simak juga: Waktu untuk menggganti V-Belt pada Motor matic

Demikianlah tips untuk memperbaiki Motor 4 Tak yang terndam air. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com