AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mengatasi Brebet Pada Mobil Injeksi

Mobil Injeksi memang lebih irit dibandingkan Mobil biasa, penggunaan bahan bakarnya yang lebih ringan daqpt menjadi referensi agar kantong tidak banyak terkuras. Tapi apakah anda pernah mengalami Mobil Injeksi yang brebet atau tersendat sendat?.

Gejala yang terjadi pada mobil injeksi bisa saja disebabkan dari banyak faktor seperti injector kotor, gangguan pada sensor, pengapian tidak pas dan lainnya. Akan tetapi gejala yang sering terjadi adalah gangguan pada MAF atau Mass air Flow sensor yang kotor. Hal ini bisa terjadi karena perawatannya yang kurang terutama pada bagian filter udara.
Mass Air Flow Sensor

Cara Mengatasi Brebet Pada Mobil Injeksi

Cara Mengatasi Brebet pada Mobil Injeksi

Kenapa MAF bisa menyebabkan mobil injeksi brebet?
Pada dasarnya mobil yang menggunakan engine management system pengontrolan injeksi bahan bakar disesuaikan dengan jumlah udra yang masuk. Pada hal inilah MAF berfungsi, karena Jumlah udara yang masuk dikontrol oleh Mass Air flow Sensor. Dan apabila kotoran menumpuk pada komponen ini maka  berakibat tegangan output akan menjadi kacau, oleh sebab itu maka system penginjeksian bahan bakar  tidak stabil sehingga menjadikan mesin mobil terasa brebet. Jika anda mengalami hal demikian, tenang saja karena bisa diatasi dengan membersihkanya. Cukup modal Rp 100 ribu MAF akan bersih kembali dan mobil tidak mbrebet lagi.

Cara Membersihkan MAF(Mass Air Flow)

Adapun cara membersihkannya menggunakan Cotact Cleaner yang bisa dengan mudah anda dapatkan di toko elektronik atau otomotif. Tapi ingat jangan sekali-kali menggunakan karburator atau injector cleaner untuk pembersihannya karena dapat meninggalkan residu.

Pertama-tama lepaskan socket MAF sensor denbgan cara menekan penguncunya dan setelah itu tarik secara perlahan, Pada Mazda 2, anda bisa setelah socket terlepas anda bisa langsung melepas MAF sensor dari housing. Pada mobil-mobil lain tinggal menyesuaikan saja. Setelah MAF terlepas tinggal semprot saja dengan menggunakan contact cleaner yang sudah disediakan. Untuk langkah selanjutnya, diamkan selama 5 menit agar cairan menjadi kering. Pastikan semunya kering terutama di dalam Mass Air Slow Sensor , setelah itu pasang kembali MAF sensor ke housing. dan jangan lupa pasang kembali socketnya dan jreng jreng, brebet sudah kabur entah kemana…

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang Cara Mengatasi Brebet pada Mobil Injeksi, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com