AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mengetahui dan Mengecek Kampas Rem Telah Habis

Cara Mengetahui Kampas Rem Telah Habis . Setiap orang pasti ingin kendaraannya terawat dengan baik, serta awet di gunakan dan nyaman dalam pemakaiannya. Apalagi bagi orang yang dendaraan termasuk kebutuhan baik mobil ataupun motor.

Nah sekarang kita akan bahas masalah pengereman. Masalah Rem Mobil ataupun Motor pasti termasuk masalah yang paling penting karena menyangkut keamanan berkendara. Coba bayangkan jika kendaraan anda tidak ada rem nya, pasti seperti naik kuda yang berlum jinak.

Cara Mengetahui dan Mengecek Kampas Rem Telah Habis

Baca Juga :

Perbedaan 4 Tipe Varian Honda Mobilio tipe S M/T, E M/T, E CVT, dan tipe E CVT Prestige
Spesifikasi Grand Filano dan Harga
Sistem pengereman merupakan komponen pada Mobil atau Motor sangat penting pada sebuah kendaraan yang memiliki fungsi sebagai alat untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan saat digunakan. Komponen pengereman memang merupakan faktor utama keselamatan berkendara. Agar sistem pengereman tak terganggu dan nyaman kita harus memperhatikan perawatannya dan selali cek agar tidak terjadi rem blong atau kampas telah habis. Pemilik kendaraan wajib memperhatikan dan mengenali kondisi rem pada kendaraan mereka. Baik itu pada rem cakram (disk brake) maupun rem tromol (drum brake).

Terus Bagaimanakah cara mengetahui kalau kampas rem telah habis?

Cara mengetahui/mendeteksi  Kampas Rem Telah Habis

Nah untuk mengetahui kampas rem Mobil ataupun Motor adalah dengan cara merasakannya. Cara untuk merasakannya adalah dengan menginjak pedal rem, apabila rem tidak berfungsi dengan baik atau kurang dalam pembrhentian kendaraan maka rem baik cakram ataupun tromol wajib di ganti. Apalagi jika saat menginjak rem terdengar suara-suara decitan atau gesekan antara dua komponen maka bisa dipastikan kampas rem telah habis.

Akan tetapi bila anda kurang yakin dengan perasaan anda, maka bisa mengeceknya dengan melihatnya. Kalau cakram bia di lihat tetapi kalau tromol harus mengalami proses pembongkaran. Apabila masih kurang yakin maka konsultasi ke bengkel terpercaya mengenai kondisi kampas rem kendaraan anda.

“Untuk mengetahui kondisi kampas rem bisa dilakukan dengan proses pengamatan secara visual. Caranya, mendeteksi lewat kondisi pelek, apakah kotor atau bersih. Biasanya, jika pada pelek depan terdapat kotoran serbuk halus hitam, ini merupakan serbuk dari kampas rem yang jatuh di pelek mobil,” ujar Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI).

Indikasi kampas rem yang telah habis pada suatu kendaraan adalah terdapatnya kotoran serbuk asbes yang mengotori velg atau bagian cakram kendaraan. Hal tersebut memang lebih cenderung terlihat pada kendaran roda empat atau mobil. Sedangkan untuk motor tentunya mudah hilang karena mudah tertiup angin atau saat melaju.

Di sarankan kepada anda pengendara mobil ataupun motor, bila di rasa sudah tidak berfungsi dengan baik  maka gantilah komponen rem tersebut. Karena sistem pengereman termasuk hal kedua dalam sistem keselamatan yang tentunya yang pertama adalah berdo’a.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com