AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tanjakan Bagi Pemula

Cara Mengemudi Mobil di jalan tanjakan bagi pemula – Jalan tanjakan sering kali ditakuti oleh kebanyakan pengemudi, terutama pemula. Hal tersebut dikarenakan ketika melintasi tanjakan dan terjadi sesuatu seperti Mobil tiba-tiba mati maka bisa saja Mobil balik kebelakang. Bisa saja terjadi kecelakaan bila tidak mengerti akan tehnik mengemudi di jalan tanjakan. Ada dua kemungkinan bila saat melintasi tanjakan tidak menggunakan tehnik yang benar, yakni mundur kebelakang atau menabrak kendaraan didepan.

Jadi memiliki tehnik melintasi tanjakan sangatlah penting bagi pengemudi, terutama saat tanjakan dalam keadaan macet. Nah kali ini akan diberikan tips tentang mengemudi Mobil melintasi tanjakan yang benar terutama bagi pemula harus benar-benar memperhatikan hal ini.

cara mengemudi mobil di Jalan Tanjakan

Tips mengemudi Mobil di Jalan Tanjakan.

  1. Harap selalu memperhatikan kemiringan dari tanjakan tersebut. Apabila tanjakan yang dilewati tidak begitu curam, maka no problem bila menggunakan gigi 2 ataupun 3. Tapi bila tanjakan yang dilalui memiliki kemiringan tajam dan curam, maka gunakanlah gigi 1.
  2. Apabila saat melakukan perjalanan melewati tanjakan dan diharuskan berhenti, maka terdapat 3 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yakni menggunakan Hand rem, menggunakan rem kaki dan setengah kopling. Nah berikut ini adalah penjelasan 3 cara berhenti di tanjakan.

 

a. Berhenti di tanjakan menggunakan Hand rem

Pada saat berhenti di tanjakan dalam waktu yang lama, sebaiknya menggunakan hand rem. Sebelum melakukan perpindahan ke posisi netral, sebaiknya tarik dahulu tas hand rem pada Mobil. Setelah berhenti barulah memindahkan gigi transmisi ke dalam posisi netral. Kemudian bila ingin melakukan perjalanan kembali, maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan memindahkan gigi transmisi terlebih dahulu ke gigi 1. Barulah menekan gas dan lepaskan kopling secara perlahan dibarengi dengan melepaskan hand rem.

b. Berhenti di tanjakan menggunakan rem kaki

Melakukan pemberhentian pada saat berada di tanjakan dengan menggunakan rem kaki, maka hal tersebut harus dilakukan saat berhenti dalam waktu yang tidak lama. Adapun cara yang harus dilakukan adalah dengan menekan secara perlahan pedal kopling dan injaklah pedal gas yang disertai melepas pedal kopling secara perlahan.

c. Berhenti di Jalan Tanjakan dengan setengah kopling

Hal ini dilakukan pada saat berhenti di jalan tanjakan dalam keadaan singkat seperti jalanan yang padat merayap. Untuk caranya denganmengkombinasikan antara pedal gas dengan pedal kopling.

Baca juga:

Tips Mengemudi yang benar

Demikianlah tips Mobil tentang mengemudi Mobil di jalan tanjakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com