AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Mengganti Kampas Kopling Sendiri

Mengganti kampas kopling sendiri – Kopling merupakan salah satu komponen yang berada dalam mesin motor, fungsinya adalah sebagai pemutus dan penghubung putaran mesin menuju transmisi. Didalam kopling terdapat komponen yang namanya kampas kopling. Komponen ini lama kelamaan akan menjadi aus dikarenakan terjadi gesekan seiring dengan berjalannya kendaraan bermotor.

Cara Mengganti Kampas Kopling Sendiri

jangan lupa baca juga: Bore up mio menaikkan tenaga untuk harian

Apabila kampas kopling sudah aus maka dapat berakibat hilangnya tenaga atau lost power, hal ini disebabkan karena putaran tidak dapat terhubung sepenuhnya ke transmisi yang diakibatkan karena terjadi selip pada kampas kopling yang sudah aus. Ciri kampas kopling aus biasanya ditandai dengan tarikan terasa nggembos pada putaran tinggi, dan jika kampas kopling sudah tipis maka sebaiknya diganti untuk mengembalikan power dari sepeda motor sobat. Anada bisa membawanya kebengkel atau menggantinya sendiri di rumah dengan cara berikut ini.

Cara Mengganti Kampas Kopling Sendiri Di Rumah

  1. Mengganti Kampas kopling motor sebenarnya mudah, berikut ini langkah-langkahnya:
  2. Keluarkan Oli dengan cara membuka baut Tap oli dan pastikan oli terkuras habis
  3. Lepaskan kick starter dengan melepas baut penguncinya
  4. Lepaskan bak kopling dengan menggunakan kunci T(biasanya T-8 atau T-10)
  5. Setelah bak kopling terlepas maka akan terlihat dua lingkaran yaitu kopling utama dan kopling ganda (kopling sentrifugal) (pada motor bebek)
  6. Lepaskan perangkat pemindai daya dengan melepas baut pengikat yang biasanya berjumlah 4 atau 6 buah(Ingat untuk melepas baut secara bersilang bergantian dan pelan pelan saja)
  7. Setelah baut terlepas maka komponen kopling akan terurai seperti pegas atau per, mangkuk penekan, plat penekan beserta kampas koplingnya

Simak juga: Honda Jazz Terbaru 2016

Perlu diperhatikan seperti yang saya jelaskan di atas bahwa kunci dari pelepasan baut tidak boleh  sata persatu, Karena baut ini tertekan oleh pegas maka jika tidak dilakukan dengan benar, besar kemungkinan baut akan dol. Bahkan bisa saja baut akan patah. Caranya sebenarnya cukup simple yakni dengan mengendurkan baut-baut ini secara merata artinya tidak dilepas satu persatu.
Kendurkan satu baut dulu (sedikit saja) kemudian kendurkan baut berikutnya secara menyilang. Dengan demikian kekuatan pegas yang menekan baut baut tersebut tidak berat sebelah. Nah setelah semua baut terlepas perhatikan konstruksinya agar dalam pemasangan nanti tidak kesulitan. Kemudian tinggal mengganti kampas kopling dengan kampas kopling baru.

Demikianlah tips tentang Cara mengganti kampas kopling sendiri di rumah, semoga bermanfaat dan selalu hati-hati dan jangan terburu-buru dalam melakukan hal di atas. Terima kasih telah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com