AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

3 Hal Penting Menggunakan Sabuk Keselamatan

3 Hal Penting Menggunakan Sabuk Keselamatan – Sabuk pengaman merupakan salah satu alat penting yang berada di dalam Mobil. Fungsi dari sabuk pengaman sendiri adalah sebagai perangkat keamanan yang wajib dipakai saat berada di dalam mobl guna menghindari cedera yang lebih fatal ketika terjadi kecelakaan. Setiap Mobil telah dipasangkan oleh pabrikan sehingga kita hanya harus memperhatikan cara memakai sabuk pengaman supaya bisa maksimal dalam melakukan tugasnya.

Akan tetapi banyak sekali pengmudi Mobil yang belum tau tentang tata cara memakai sabuk pengaman yang benar. Masih banyak pula pengemudi hanya memakai sabuk pengaman sekedar saja yang menghasilkan perlindungan kurang maksimal.

 Menggunakan Sabuk Keselamatan

Baca juga: Teknik Melewati Jembatan dan Tepian Jurang

“Menggunakan sabuk pengaman itu perlu perhatian khusus. Pengemudi pria maupun wanita perlu memahami ini. Ingat, 3R, Rata Rapat dan Rendah,” ucap Poedyo Santosa, trainer dari Indonesia Road Safety Agent (IRSA).

– Rata = Untuk pengertian dari pemakaian sabuk pengaman secara rata adalah dengan memastikan sabuk pengaman tidak muntir dan pastikan posisi sabuk pengaman rata melindungui tubuh. Untuk posisi sabuk pengaman pastikan di bawah perut atau melingkari panggul.

– Rapat = Untuk rapat sendiri adalah dengan memastikan sabuk pengaman menempel erat pada tubuh. Hal tersebut bertujuan supaya bila terjadi kecelakaan, maka tubuh tidak mempunyai ruang gerak yang bisa menimbulkan terjadinya cidera. Jadi selalu memastikan kerapatan sabuk pengaman tidak kendur dan bekerja secara optimal.

– Rendah = untuk penjelasan dari rendah adalah dengan melakukan penyetelan ukuran sabuk pengaman terdapat pada pilar B serendah mungkin, hal tersebut bertujuan supaya sabuk pengaman berada osisi di pundak.

“Tahapannya, pengemudi duduk bersandar, rileks, lalu pasang sabuk pengaman dan pastikan terkunci dengan baik. Rasakan kekencangannya, pastikan melingkari panggul. Pastikan tidak ada bagian sabuk yang terpuntir,” ucap Poedya.

Simak juga: mencegah Si kecil Mabuk perjalanan

Pemilik kendaraan juga diwajibkan untuk memeriksa kondisi sabuk pengaman secara berkala. Pastikan fungi pengunci dan penarik masih bekerja dengan baik.

Nah itulah informasi tentang 3 langkah Menggunakan Sabuk Keselamatan yang harus diperhatikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya di Autogaya.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com