AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Menghidupkan dan Mematikan Mesin Motor yang Benar Agar Awet

Cara Menghidupkan dan mematikan mesin Motor yang benar – Hal yang akan kita bahas bersama ini apabila didengarkan merupakan sesuatu yang sepele. Akan tetapi jika cara yang dilakukannya salah maka malah bisa membuat Motor menjadi rusak. Sebenarnya apabila salah dalam menghidupkan dan mematikan mesin maka akan terjadi kerusakan dalam jangka waktu yang panjang, selain itu akibatnya juga bisa menurunkan daya tahan Motor atau lowered durability. jadi dengan melakukannya dengan benar bisa membuat motot menjadi lebih awet. Penasaran bukan? Kon bisa sih?

Cara menghidukan dan mematikan mesin motor

Cara menghidukan dan mematikan mesin Motor yang baik

Menghidupkan mesin Motor

Pada umumnya seseorang yang akan melakukan aktifitas di pagi hari pasti kebanyakan menghidupkan motornya tersebut dengan menggunakan starter elektrik. Hal tersebut sebenarnya cara yang salah untuk menghidupkan mesin yang benar. Tidak hanya itu saja, bahkan menghidupkan mesin Motor menggunakan kick starter juga bisa saja salah, akan tetapi lebih baik daripada menggunakan starter elektrik. Lantas bagaimana cara yang benar untuk menghidupkan Motor. Simak ulasannya.

– Untuk menghidupkan Motor setelah kondisi diam, harus dilakukan dalam posisi yang tegak dengan menggunakan standar tengah.

– Gunakan kick starter ( engkol motor) dengan cara di selah atau kick beberapa kali (5 sampai 10 kali ) saat mesin dalam keadaan mati (kontak motor jangan dihidupkan). Hal ini tentunya bertujuan agar oli mesin motor bisa menyebar secara sempurna untuk melumasi seluruh komponen yang ada di mesin . Oli mesin akan turun dan tidak melumasi mesin secara sempurna dan menyeluruh saat motor tidak digunakan atau di istirahatkan pada malam hari (parkir ).

– Setelah melakukan langkah di atas, barulah Anda bisa menghidupkan kontak Motor dan untuk menghidupkan mesin gunakan kick starter atau engkol Motor. Pada saat telah menyala, jangan langsung menarik tuas gas dalam keadaan penuh atau mentok. Anda cukup menarik gas hingga rpm diangka 2000 sampai 3000 saja, bahkan tidak menarik gaspun malah lebih baik dengan jangka minimal 1 menit dan maksimal 3 menit saja.

Sebagai tambahan, saat mesin menyala, jangan pernah menekan tombol elektrik starter. Hal tersebut bisa mengakibatkan sistem kelistrikan Motor menjadi terganggu.

Mematikan mesin Motor

Untuk mematikan mesin Motor, sebenarnya hal yang perlu diketahui adalah cara yang benar serta tahapan-tahapannya agar mesin Motor tidak cepat rusak. Nah di bawah ini adalah cara yang benar mematikan mesin Motor.

Pada saat mematikan mesin Motor, jangan langsung memutar kunci kontak dalam posisi OFF. Akan tetapi yang benar adalah dengan mendiamkan terlebih dahulu Motor Anda, setelah putaran mesin dalam keadaan normal kembali barulah Anda bisa mematikan mesin Motor dengan memutar kunci pada posisi OFF.

Selain itu pada saat ingin mematikan mesin Motor, jangan menarik gas sampai mentok atau penuh baru dimatikan. Karena hal tersebut berakibat suhu mesin menjadi naik drastis  pada saat putaran mesin akan berhenti.

Nah kebiasaan di atas sering kali dilakukan oleh banyak orang, hal tersebut dikarenakan ikut-ikutan tetangga atau teman dan tidak tahu sebenarnya yang dia lakukan.

Baca juga:

Cara Mudah Memasang Charger Ponsel Pada Motor

Penyebab Konsumsi BBM Matik jadi Boros

Tips Merawat Motor Injeksi Agar Tetap Maksimal dan Kondisi Prima

Demikianlah informasi tentang cara menghidupkan dan mematikan mesin Motor yang benar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com