AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi – Rasa kantuk saat mengemudi bisa berbahaya bagi keselamatan. Tidak jarang orang yang sedang mengemudi terhinggapi rasa kantuk, penyebabnya bisa apa saja dan salah satunya adalah begadang. Hal ini memang sering terjadi, setelah semalaman tidak tidur mungkin karena terlalu sibuk nonton tv atau ngobrol bersama teman menimbulkan rasa kantuk yang datang saat pagi hari. Apabila paginya tidak ada aktifitas tidak masalah, tapi bila pagi hari harus berangkat kerja atau bepergian dan mengemudi mobil, bisa terjadi masalah yang serius.

Tips Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi

Kebanyakan korban kecelakaan adalah mengemudi saat dalam keadaan kantuk, karena rasa kantuk dapat membuyarkan konsentrasi kita dalam melihat jalan dan pengendara lain baik dari arah yang sama ataupun berlawanan. Dan tidak jarang pula saat memejamkan mata sebentar malah tambah kantuk rasanya pengen tidur. Lalu bagaimana cara menghilangkan rasa kantuk saat mengemudi?

Tips Menghilangkan Rasa Ngantuk Saat Mengemudi

Wajib bagi para pengemudi untuk menghilangkan rasa kantuk. Apabila terus dipaksakan mengemudi maka bahaya akan mengancam. Saat dalam keadaan kantuk kemampuan dan kewaspadaan saat mengemudi berkurang dan alhasil akan membahayakan diri sendiri dan orang lain. Kebanyakan orang memilih kopi sebagai alternative penghilang rasa kantuk, akan tetapi sejatinya salah besar. Kopi  bersifat sementara dan berguna hanya untuk menunda rasa kantuk yang melanda. Jadi meminum kopi atau suplemen bukanlah pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa kantuk saat mengemudi.

Untuk menghilangkan rasa kantuk sebenarnya tidak ada cara lain selain tidur, jadi usahakan sebelum mengemudi untuk tidur minimal 6 jam. Sedangkan waktu tidur yang ideal adalah 8,5 jam bagi yang berumur dibawah 30 tahun, sedangkan untuk 30 tahun keatas cukup 7-8 jam saja.

Apabila saat anda mengemudi dan rasa kantuk melanda maka disarankan untuk meminggirkan mobil dan beristirahat sejenak dengan memejamkan mata, dan setelah terbangun usahakan olahraga sejenak untuk merenggangkan otot yang kaku.

Ciri-ciri mengantuk saat mengemudi

Mulai menguap
Mata berair
Kepala kerap bersandar
Konsentrasi buyar
Laju kendaraan mulai oleng

Jika anda mengalami hal diatas maka sebaiknya anda berhenti sejenak, supaya terhindara dari hal yang diinginkan, Karena langkah ini demi kebaikan diri sendiri dan orang lain.

Mengatasi rasa kantuk saat mengemudi

Apabila rasa kantuk melanda sebelum anda mengemudi, ini  adalah tips yang tepat, yaitu dengan mandi sebelum anda bepergian. Karena dengan mandi dapat merangsang kinerja otak agar lebih fresh dan tenang. Serta jangan makan terlalu kenyang, karena banyak makan sebelum mengemudi akan menambah rasa kantuk yang melanda.

Simak Juga:  Tips Mengemudi Mobil saat Musim Hujan

Demikianlah tips tentang menghilangkan rasa kantuk saat mengemudi, semoga bermanfaat dan selalu jaga kondisi dalam hal apapun baik saat mengemudi ataupun tidak, karena semua itu demi kebaikan anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com