AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Menghilangkan Suara Nembak di Knalpot Motor

Cara menghilangkan Suara Nembak di Knalpot Motor – pencampuran udara dengan bahan bakar yang tidak sempurna oleh busi yang terbakar bisa menghasilkan suara letupan yang disebabkan oleh after burn atau pembakaran kedua. After burn terjadi saat gas segar yang tidak terbakar menerobos keluar dari knalpot.

Knalpot yang nembak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebabnya adalah terjadi kerusakan pada penyuplaian udara bersih yang menuju ke pembakaran seperti air srew karburator yang telah aus atau setelan karburatornya tidak maksimal. Selain hal tersebut juga bisa saja terjadi jika kondisi busi yang digunakan sudah tidak layak pakai.

Lantas bagaimana cara mengatasi suara nembak atau letupan pada knalpot? Nah sebenarnya terdapat banyak cara. Untuk menghilangkan suara nembak di knalpot bisa dilakukan dengan cara di bawah ini.

menghilangkan suara nembak di knalpot motor

Cara Menghilangkan Suara Knalpot Nembak

  1. Aturlah setelan pada pilot crew atau biasa disebut dengan angin-angin dan setelan karburator sesuai dengan standar Motor yakni 2,5 sampai 3 putaran penuh/ sesuaikan juga dengan kebutuhan mesin Motor Anda.
  2. Cek kondisi busi Motor. Melakukan pengecekan komponen busi sangat diharuskan, apabila keadaan busi Motor sudah tidak layak pakai maka sebaiknya mengganti dengan yang baru. Karena anjuran dari pihak pabrikan biasanya pergantian busi dilakukan setiap 6000 km. selain itu juga jangan lupa untuk mengatur gap busi menjadi 0,7 mm dengan menggunakan fuller gauge.
  3. Langkah selanjutnya adalah mengecek filter udara pada Motor. Hal tersebut dikarenakan apabila filter dalam kondisi kotor maka dapat menghambat aliran udara yang akan masuk menuju karburator. Apabira menggunakan bahan yang tidak bisa dibersihkan seperti mio maka perlu dilakukan pergantian setiap 15.000 km.
  4. Pemeriksaan lainnya adalah pada selang vacuum bahan bakar yang menuju pada tangki Motor. Pastikanlah bahwa selang tidak mengalami sobek atau kebocoran.
  5. Periksa sambungan knalpot antara leher knalpot Motor dengan buring. Apabila terjadi kebocoran biasanya menghasilkan suara nembak atau letupan yang tentunya mengganggu.
  6. Pemeriksaan terahir adalah pada AIS (Air induction system). AIS merupakan komponen yang menginjeksikan udara bersih menuju lubang buang sehingga hasil pembakarannya menjadi lebih ramah lingkungan. Pada umumnya membrane AIS suka ngaco, jadi solusi terbaik yang mudah dan murahnya ya anda tinggal tutup aja selang AISnya yang menuju ke lubang buang tersebut ,untuk penutupan tersebut bisa menggunakan apa saja. bisa menggunakan platisk, tutup pentil ban atau apapun yang penting intinya adalah ketutup alias buntu.

Baca juga: Cara mengganti Oli Shockbreaker Depan Motor Dengan Mudah

Apabila dengan langkah diatas masih belum bisa menghilangkan suara nembak diknalpot Motor, maka sebaiknya dibawa ke bengkel yang mempunyai alat leih lengkap.

Demikianlah informasi tentang cara menghilangkan suara nembak di knalpot Motor. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com