AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Merawat Knalpot Agar Tidak Mudah Karatan atau Menguning

Cara Merawat Knalpot agar tidak karatan – Knalpot merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sepeda motor. Apabila tidak terdapat komponen tersebut maka tidak akan maksimal dalam mengeluarkan pembakaran. Banyak kita temui knalp[ot yang karatan dan keropos, hal tersebut biasanya terkena hujan atau kotoran. Sebenarnya bila masih bisa berfungsi tidak menjadi masalah, akan tetapi tentunya akan merusak penampilan.

Pada saat memasuki musim hujan sering kita temui genangan yang berada di jalanan. Hal tersebut tentunya akan mengenai knalpot bila kita melintasi jalanan tersebut. Dengan begitu menjadikan kita disibukkan dengan mencuci motor kesayangan supaya tidak karatan. Pada umumnya knalpot yang sering terkena air hujan akan mudah keropos dan kalau tidak biasanya akan cepat menguning terutama pada leher knalpot.nah untuk mengatasi masalah tersebut kami akan berikan tips untuk merawat knalpot agar tidak menguning dan karatan.

cara merawat knalpot agar tidak karatan

Cara merawat knalpot agar tidak karatan

  1. Memberi Oli pada lubang knalpot

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk perawatan knalpot adalah dengan memberikan oli pada lubang knalpot saat kondisi panas, karena dalm kondisi tersebut akan menguapkan oli yang masuk dan menempel di dinding knalpot.dengan melakukan hal tersebut menjadikan dinding dalam silinser akan menjadi basah dan karatan pun tidak akan kembali karena tidak bersentuhan langsung dengan udara. Untuk memberikannya oli secukupnya saja kurang lebih 50 ml.

  1. Memastikan dranase tidak buntu

Knlapot mempunyai lubang yang disebut drainase. Adapun fungsi dari drainase adalah untuk membuang air yang masuk ke dalam kenalpot agar tidak tergenang. Biasanya lokasi lubang tersebut berada di bawah ujung silinser dekat dengan leher knalpot.

Untuk mpengecekannya juga sangat mudah yaitu dengan memasukkan lidi ke lubang tersebut, apabila tidak ada halangan jadi lubang tersebut masih lancer.

  1. Siram atau cuci motor setelah terkena air hujan

Pada saat musim hujan ditambah dengan lingk8ungannya yang subur menjadikan besi mudah berkarat. Apalagi saat berada di daerah pantai yang airnya mengandung karat. Saat bersentuhan dengan besi tanpa ada pelapis atau krom akan menjadikan cepat berkarat. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukannya dengan mengguyur knalpot dengan menggunakan air biasa yang bersih saat terkena air hujan atau air laut. Lokasinya yang sering terkena adalah leher knalpot. karena cipratan air yang menempel dapat merusak cat dan leher knalpot dimana daerah tersebut adalah daerah yang berubah suhunya secara extrim karena posisi yang letaknya dekat dengan ruang bakar.

Baca juga:

Cara Merawat Motor di musim hujan dengan mudah

Perawatan Motor Untuk Harian Performa Tetap Maksimal

Demikianlah informasi tentang cara merawat knalpot agar tidak mudah karatan dan menguning. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com