AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Jangan Lupa merawat Mobil usai liburan dan Perjalanan Jauh Agar maksimal

Tips Merawat Mobil Usai Liburan dan perjalanan jauh. Musim liburan sudah hampir berahir, bagi orang yang pergi berlibur pastinya akan kembali pulang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Mobil selalu tidak ketinggalan dengan namanya liburan, biasanya dengan menggunakan Mobil bisa lebih nyaman dalam melakukan bepergian seperti liburan. Namun disamping hal tersebut jangan lupa untuk melakukan perawatan Mobil setelah usai liburan.

Perawatan Mobil saat selesai melakukan perjalanan jauh memang harus dilakukan, bukan tidak mungkin terjadi kerusakan pada salah satu komponen kendaraan Anda. Selain itu ada beberapa komponen yang harus diperiksa setelah usai liburan ataupun perjalanan jauh. Seperti misalnya rem, kopling, kaki-kaki dan komponen lainnya. Oleh sebab itulah pemilik Mobil diharuskan untuk melakukan pengecekan terhadap Mobil kesayangannya.

 

Baiklah, mari kita simak komponen apa saja yang harus dilakukan perawatan Mobil usai liburan atau perjalanan jauh.

Tips Merawat Mobil Usai Perjalanan jauh dan Liburan

Plat Kopling

Komponen ini mempunyai fungsi untuk mengendalikan laju Mobil baik itu maju ataupun mundur dan memnambah serta mengurangi tingkat percepatan. Sehingga bila dilakukanpemakaian dalam waktu yang lama bisa saja mengalami keausan. Selain itu usia pemakaian plat kopling bisa menjadi pendek bila diajak menerjang jalanan tanpa aturan atau terus menerus.

Terdapat cara untukmengecek plat kopling aus atau tidaknya. Adapun cara mengecek plat kopling yaitu dengan menghidupkan mesin, kemudian masukkanlah transmisi menuju posisi 2 atau 3. Setelah hal tersebut dilakukan, maka selanjutnya adalah melepaskan pedal kopling secara perlahan dan saat bersamaan njaklah pedal gas dan rem. Apabila mesin Mobil mati, maka kopling dalam keadaan masih bagus, namun bila masih hidup maka aka nada sip di kampas kopling.

Apabila menemui gejala tersebut, maka jalan satu-satunya adalah dilakukan perbaikan atau mengganti kanvas kopling yang baru. Hal tersebut merupakan salah satu dari sistem keamanan dalam berkendara. Perlu diketahui, bila Mobil dengan transmisi matic maka jangan lupa untuk memastikan Oli transmisi dalam keadaan baik.

Oli mesin

Selalu periksalah Oli Mobil Anda dengan memastikan jumlah atau volumenya tdak kurang dari batas yang telah ditentukan, biasanya tertera pada tongkat. Tidak hanya itu saja, untuk mengecek keadaan oli bisa dilakukan dengan meneteskan sedikit oli ke jari Anda dan gesekkan. Apabila terasa ada butiran ataupun pekat, maka itu tanda bahwa oli Mobil Anda harus segera dilakukan pergantian, sebaiknya jangan menundanya. Oli memiliki tugas yang sangat penting yakni melancarkan gerakan komponen mesin Mobil.

Saringan Udara dan Busi

Komponen lainnya yang perlu dilakukan pemeriksaan adalah saringan udara dan busi. Yang dimana pastinya banyak yang sudah tahu, bahwa tugas dari busi adalah untuk memantiikan api di dalam ruang pembakaran. Seiring dengan pemakaian busi juga perlu dilakukan pergantian, karena apabila tidak diganti bisa menurunkan performa. Usia pakai busi juga semakin pendek apabila digunakan dalm perjalanan jauh yang dilakukan secara terus menerus.

Begitu juga dengan saringan udara. Komponen ini semakin lama maka akan semakin kotor. Jadi Anda bisa merawatnya dengan membersihkannya, apabila kurang yakin bisa dengan mengganti saringan udara yang baru.

Cairan Radiator

Cairan radiator sangat penting bagi Mobil terutama ketika melakukan perjalanan jauh ataupu liburan. Dalam jarak jauh sangat diperlukan untuk melakukan pendinginan mesin yang ekstra. Karena saat mesin menyala dan bekerja terus, maka cairan coolant akan berkurang. Selalu periksa dan tambahkanlah bila cairan di dalam radiator berkurang.

Apabila tidak membawa karena lupa atau apapun alasannya, maka solusinya adalah dengan memanfaatkan air mineral dalam kemasan. Namun hal ini sebenarnya tidak disarankan, hanya kusus terdesak saja. Karena menggunakan air biasa dapat menjadikan minculnya karat pada saluran air radiator.

Kaki-kaki

Komponen ini juga bekerja ekstra ketika pengguna mobil melakukan perjalanan jauh. Sebab kaki-kaki menyangga beban yang berat sehingga kondisinya rawan bermasalah. Terlebih jika mobil sering melalui jalanan yang kurang bagus, berlubang, basah ataupun melewati jalan menanjak.

Periksa beberapa komponen seperti tierod, ball joint, bushing arm, bearing dan laker. Salah satu gejala bantalan roda sudah aus adalah munculnya suara mendengung yang semakin mengeras ketika mobil melaju. Jika Anda menjumpai permasalahan tersebut, segera lakukan penggantian.

Ban Mobil

Pada bagian ban Mobil, pastikan baut roda masih dalam keadaan kencang agar tidak berbahaya dan mengganggu perjalanan Anda. Selain itu, periksalah selalu tekanan angin pada ban. Untuk perawatannya bisa dilakukan dengan spooring serta balancing roda. Tujuan hal tersebut adalh kondisi ban tetap maksimal dan juga untuk menjaga kestabilan Mobil ketika dikendarai.

Eksterior dan Interior Mobil

Saat bepergian jauh untuk melakukan liburan atau aktifitas lainnya, jangan lupa selalu untuk membersihkan bagian bodi dan kolong Mobil. Selain itu jangan lupa juga dalam kabin Mobil supaya tetap terasa nyaman saat berada di dalam Mobil. Untuk membersihkannya Anda bisa membawanya ke tukang cuci Mobil dan jangan lupa untuk membersihkan kisi-kisi piranti pendingin ruangan yakni AC, panel pintu serta komponen lainnya.

Baca juga:  Beginilah posisi tangan saat mengemudi yang benar

Demikianlah informasi tentang tips merawat Mobil usai liburan dan perjalanan jauh. Semoga beranfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com