AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Merawat Motor Injeksi Agar Tetap Maksimal dan Kondisi Prima

Cara Merawat Motor Injeksi Agar Tetap Awet dan Maksimal – Sepeda Motor merupakan tunggangan sehari-hari yang menemani setiap aktifitas diluar rumah. Oleh sebab itu Motor juga harus dilakukan perawatan, baik itu Motor injeksi ataupun non injeksi. Mungkin seringkali setiap bulannya Anda melakukan perawatan dengan menyerahkannya ke Bengkel langganan. Namun jika mengetahui perawatannya pastinya akan lebih hemat dan sambil belajar sedikit tentang service Motor sendiri di rumah.

Perawatan Motor injeksi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Motor non injeksi. Kalau misalnya terdapat perbedaan hanya pada bagian tertentu yang membutuhkan perawatan khusus serta waktunya. Pada intinya perawatan tersebut bertujuan supaya dapat menjaga kinerja Motor agar tetap dalam kondisi maksimal dan prima, selain itu juga mencegah adanya kerusakan pada bagian injector.

Jadi sangatlah penting untuk melakukan perawatan, karena jika pemilik Motor injeksi bermalas-malasan dalam memperhatikan kendaraannya, maka  bisa saja berakibat Motor boros bahan bakar dan tidak bisa bekerja dengan maksimal. Berikut ini adalah komponen yang perlu dilakukan perawatan dan tips merawat Motor injeksi agar tetap prima.

merawat motor injeksi dirumah dengan mudah

Tips merawat Motor injeksi agar maksimal

Merawat Selang Saluran Bahan bakar Motor Injeksi

Injector berfungsi untuk menyemprotkan kabut bahan bakar dengan menggunakan tekanan yang tinggi menuju mesin yang waktu serta takarannya telah diatur oleh piranti ECU(Electronic control System). Komponen ini memiliki peran penting pada Motor injeksi,yang dimana pada proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin ditentukan oleh komponen tersebut. Tidak hanya itu saja karena untuk boros tidaknya Motor tersebut ditentukan olehnya. Akan tetapi ketepatan dalam sistem kerjanya juga masih tergantung dengan komponen lainnya seperti selang dan pompa bahan bakar.

Apabila selang dalamkondisi kotor, maka tentunya kinerja dari injector menjadi kurang maksimal. Jadi kondisi selang harus selau diperiksa setiap Motor menempuh jarak 2000 kilometer.

Perawatan Pompa Bahan Bakar Motor Injeksi

Apabila Anda merupakan pemilik Motor injeksi dan sudah berjalan sekitar 50.000 kilometer dan kelipatannya, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan terhadap pompa bahan bakar. Untuk mendeteksi komponen ini, aakah mempunyai kerusakan atau tidak, terdapat beberapa cara. Adapaun salah satu caranya adalah dengan menghidupkan mesin di tempat yang sunyi tidak bising, setelah itu dengarkan pada bagian tangki apakah terdapat suara mendesing atau tidak. Apabila terdengar suara yang mendesing, maka itu tandanya bahwa filter Fuel pump tergantung.

Apabila hal tersebut terjadi, maka langkah yang harus diambil adalah membersihkannya dan menguras tangki bahan bakar sampai bersih. Jadi dengan melakukan hal tersebut terhadap Motor injeksi akan membuat fuel pump tidak mengalami gangguan dan Motor akan bekerja dengan maksimal dan tambah awet.

Memastikan ketepatan posisi klep injector

Walaupun tekanan klep serta waktu telah diatur oleh ECU, akan tetapi bisa saja posisi klep mengalami perubahan akibat beberapa faktor. Oleh sebab itulah, agar injector bekerja dengan maksimal maka sangat penting untuk memastikan posisi klep dengan tepat, yang artinya tidak terlalu rapat dan tidak terlalu renggang.

Jadi apabila posisi klep Terlalu renggang maka asupun bahan bakar ke komponen tersebut berlebih, begitu juga sebaliknya bila terlalu rapat akan mengakibatkan semprotan kabut bahan bakar ke ruang bakar juga tidak ideal seperti takaran dari pabrik.

Memeriksa busi dan membersihkan filter udara secara rutin

Busi merupakan sebuah komponen motor yang berfungsi untuk pemantik api yang dibutuhkan saat proses pembakaran di ruang bakar.Ketepatan pantikan api yang di hasilkan busi dengan semburan bahan bakar (bensin) yang bercampur udara di ruang bakar sangat menentukan sempurna tidaknya proses pembakaran.

Proses pembakaran yang tidak sempurna akan menjadikan proses tidak maksimal dan juga menjadikan bahan bakar mubazir, tenaga dari mesin pun loyo,Oleh karena itu bersihkan busi selalu agar pantikan api sempurna selain itu atur ulang tingkat kerenggangan sumbu dan katub busi.

Begitupun dengan filter udara , Bila filter kotor maka anda bisa segera bersihkan sedangkan bila sel sel kerta telah sangat kotor atau rusak lebih baik anda segera melakukan pergantian dengan yang baru.

Yang perlu anda ketahui, filter yang rusak atau kotor maka akan menjadikan hembusan udara ke ruang bakar menjadi terhambat.Padahal kesempurnaan proses pembakaran di ruang bakar mesin tersebut sangat ditentukan oleh komposisi yang ideal antara udara dan juga bahan bakar.

Merawat ECU dengan Baik

ECU merupakan ota yang mengatur keseluruhan dari unit injector, dari takaran bahan bakar hingga buka dan tutup klep injector. Jadi bila komponen ECU terganggu sudah pasti kinerja Motor injeksi juga tidak akan bekerja dengan maksimal. Salah satu akibatnya adalah takaran bensin yang tidak stabil menjadikan stasioner juga tidak stabil. Apabila kerusakan ECU sudah tingkat parah, maka bisa berakibat Motor injeksi akan mogok tidak bisa untuk dijalankan.

Kerusakan pada ECU bisa terjadi karena beberapa penyebab, seperti gangguan pada kelistrikan karena over suppley, korsleting, voltase sumber kelistrikan rendah dan sebagainya. Oleh sebab hal tersebut, maka sangat dianjurkan untuk selalu memerikasa kabel kelistrikan secara rutin.

Baca juga:

Penyebab motor injeksi Brebet

Penyebab Motor Injeksi mati Mendadak

Demikianlah informasi tentang tips merawat Motor injeksi agar tetap maksimal dan tambah awet serta tetap prima. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com