AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Mudah Mengatasi Mesin Honda Vario Tiba-tiba Mati

Tips Mengatasi Mesin Honda Vario Tiba-tiba Mati – Motor vario merupakan salah satu Motor matik yang diminati oleh kalangan anak muda remaja baik wanita ataupun pria. Sebelum melakukan pemeriksaan perihal tentang penyebab mesin mati mendadak, pastikan dahulu kondisi aki Motor vario dengan cara, pada saat kunci kontak dalam posisi ON maka lampu Indikator yang ada pada speedometer akan menyala normal dengan posisi jarum yang juga bergerak normal.

Apabila terdapat masalah pada sistem injeksi, maka akan ada kedipan pada lampu MIL yang terletak di speedometer. Selain itu, kedipan yang terjadi tidak hanya sekali saja namun beberapa kali kedipan. Untuk kedipan lampu MIL berguna sebagai penanda bahwa terdapat bagian komponen injeksi yang bermasalah. Mungkin terdapat kabel yang putus, karena biasanya dimakan oleh tikus.

Mesin Honda vario tiba-tiba mati

Apabila tidak ada kedipan namun Motor Honda vario tidak mau menyala, maka cek tangki bensin apakah masih ada isinya atau tidak.

Jika di stater engga mau menyala coba diengkol sambil dirasakan apakah saat di engkol terasa ringan atau berat, hal ini berguna untuk merasakan tekanan kompresi di dalam mesin. Kalau terasa ringan, ada kemungkinan kompresi lemah, jika terasa berat, berarti kompresi normal, kemudian lakukan pengecekan busi sekaligus percikan api businya.

Lihat kondisi busi dengan teliti, apabila terlihat basah atau hitam maka kemungkinan  ini penyebab mesin Motor mati. Untuk mengatasinya cukup membersihkan busi menggunakan lap kering dan dites api businya dengan cara menempelkan busi pada bagian blok mesin atas dibarengi dengan menyalakan starter. Apabila keluar api berarti busi dalam keadaan baik. Sebelum memasang kembali, gunakan lap kering tadi untuk menutup lubang busi lalu mesin diengkol 3 – 5 kali untuk membuang kotoran / karbon basah yang ada di dalam blok silinder, setelah itu pasang kembali komponen busi dan nyalakan kembali mesinnya.

Apabila mengalami hal demikian, maka kemungkinan penyebab mesin Motor vario tiba-tiba mati adalah pembakarannya yang tidak sempurna yang menjadikan busi menjadi basah dan sulit untuk menyala atau memercikkan api. Hal tersebut biasanya karena pemakaian bahan bakar yang kurang baik atau terkontaminasi. Atau mungkin bisa juga filter udaranya yang kotor atau tidak bagus. Hal ini yang menyebabkan gas yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bagus dan malah membuat kondisi busi menjadi basa, alahasil Motor Honda Vario tiba-tibba mati.

Baca juga:

Bore Up Vario Menjadi 175 cc Untuk Harian

Seting Fitur ABS pada Vario F1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com