AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Mobil Hemat Bahan Bakar Tergantung Dari Beberapa Faktor

Mobil Hemat Bahan Bakar? Semua pabrikan Mobil mengklaim produk keluarannya sangat irit akan penggunaan bahan bakar. Akan tetapi pada dasarnya masalah hemat atau tidaknya konsumsi bbm tergantung dari beberapa faktor seperti persiapan, kondisi Mobil hingga cara berkendara di jalanan.

Nah supaya mobil bisa hemat bahan bakar maka perlu persiapan yang harus dilakukan sebelum berkendara.

“Tidak ada eco driving yang tidak memakai persiapan, semua harus dipersiapkan baik dari pengemudi maupun mobil itu sendiri,” ujar Sugihandi, trainer Nissan College PT Nissan Motor Indonesia (NMI).

 mobil hemat bahan bakar

Beberapa persiapan memang harus dilakukan supaya Mobil bisa lebih efisien masalah bahan bakar. Berikut penjelasan singkatnya.

Persiapan yang Harus Dilakukan agar Mobil Hemat Bahan Bakar

Bahan Bakar

Dalam masalah efisiensi bahan bakar, tentunya penggunaan bbm sangat berpengaruh. Jadi gunakanlah Bahan bakar yang dianjurkan oleh pihak pabrikan Mobil tersebut. Seperti misalnya Mobil dengan bbm yang dianjurkan beroktan 92, namun dari pihak pengendara mengisinya dengan oktan 88. Maka secara otomatis kinerja dari mesin Mobil tersebut akan menurun, dan dalam kondisi tersebut maka pengemudi akan menginjak gas lebih dalam. Bagaimana apabila mobil seharusnya mengonsumsi bahan bakar minyak beroktan 92 tapi diisi dengan oktan 98. Hal yang terjadi adalah sebagian bahan bakar tidak terbakar, jadi terbuang ke jalan melalui knalpot. Jadi bahan bakar harus sesuai dengan mesin mobil.

mobil hemat bahan bakar

Tekanan Angin Pada Ban

Komponen ban sangat vital pada Mobil. Ketika ban kekurangan angin dan kempis, maka akan terjadi perubahan pada diameter luarnya yang mengecil dan bodi Mobil akan turun. Apabila ban kempis dan masih dikendarai maka bisa menyebabkan menyeret tapaknya sehingga akan menambah beban mesin, hal tersebut menjadikan bahan bakar bisa lebih boros dalam mengkonsumsinya.

“Makanya tekanan angin pada ban harus sesuai. Tekanan angin di ban terlalu berlebih juga tidak disarankan karena tidak sesuai lagi dengan drive train-nya. Makanya tekanan ban harus pas. Untuk mengetahui tekanan ban yang dianjurkan, pengemudi bisa melihatnya di pintu kanan depan, disitu tedapat stiker yang menunjukkan ukuran ban ideal,” terang Sugihandi.

Servis

Jangan melupakan servis rutin, karena komponen m,obil juga memrlukan perawatan supaya bisa tetap bekerja dengan optimal serta maksimal.

“Misalkan ada mobil yang jarang di pakai dengan sering di pakai, kira-kira lebih irit yang mana?. Jawabannya tergantung mobil itu sering diservis atau tidak. Yang jarang dipakai tapi tidak pernah diservis pasti mesinnya rusak karena oli berubah menjadi kerak akibatnya bisa bikin macet mesin. Makanya servis mobil apabila sudah waktunya, 6 bulan atau sudah menempuh jarak 10 ribu kilometer. Gunanya memastikan mesin dalam keadaan baik, dan ternyata ini yang banyak dilupakan pemilik mobil,” pungkas Sugihandi.

Demikianlah tips persiapan supaya Mobil hemat bahan bakar, semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com