Home / Berita / Motor Listrik Gesits Indonesia telah Resmi diperkenalkan

Motor Listrik Gesits Indonesia telah Resmi diperkenalkan

Motor listrik Gesits Indonesia – Baru-baru ini di Tanah Air memiliki sebuah karya yang patut dibanggakan. Memang anak bangsa kalau dibebaskan dalm membuat eksperimen akan menghasilkan karya yang luar biasa, seperti contohnya Motor listrik Gesits.

Kali ini prototype Motor listrik karya anak bangsa yang telah lama dinantikan  oleh masyarakat Indonesia akhirnya telah resmi dikenalkan ke hadapan public. Pembuatan Motor listrik tersebut merupakan hasil kerjasama antara Institut teknologi sepuluh November (ITS) Surabaya dan Garansindo. Untuk diresmikannya pada tanggal 3 Mei 2016 yang bertempat di Gedung Riset Motor listrik ITS.

Pada acara perilisan tersebut juga dirilis nama untuk prototype Motor listrik tersebut. Adapun namanya adalah Gesits yang merupakan hasil singkatan dari Garasindo Electric Scooter ITS. “Garansindo mendorong kemampuan anak bangsa untuk mewujudkan  Indonesia mempunyai kebanggaan dengan memiliki kendaraan hasil karya  Indonesia,” kata M. Al Abdullah, CEO Garasindo Group.

Motor Listrik Gesits Indonesia telah Resmi diperkenalkan

Motor listrik Gesits Indonesia 

“Disamping itu, juga melihat perlunya satu solusi untuk mengurangi  pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh polusi kendaraan bermotor,” tambah pria yang mempunyai sapaan akrab Memet itu. Ia juga menjelaskan bahwa motor listrik dinilai mampu memberikan efek positif pada kelestarian lingkungan.

Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dikala itu juga hadir dalam acara tersebut mengatakan bahwa sudah waktunya  di negeri kita tercinta Indonesia mencontoh Negara lain yang sudah lebih dulu meriset Motor listrik serta diproduksi missal.

“Jika sarana dan prasarananya sudah siap, targetnya di tahun 2017, GESITS sudah di bisa dijual ke pasaran. Nanti tinggal kami perjuangkan soal regulasi ke Menteri Perindustrian dan Menteri Keuangan soal pajak dan sebagainya,” paparnya.

Untuk masalah performanya, bahwa telah diklaim mampu menempuh 80-100 km dalam keadaan baterai terisi penuh. Sedangkan untuk masalah harga akan diusahakan bisa terjangkau oleh seluruh elemen masyarakat di Indonesia.

“Kami yakin kalau motor listrik akan diterima pasar asal harganya masuk akal. Tidak terlalu mahal dan ketersediaan part juga mendukung,” ujar Harun Sjech, Project Director motor listrik Garasindo-ITS.

Sebelum resmi diluncurkan, Motor listrik GESITS akan dilakukan tes dahulu untuk segala kondisi cuaca, dan juga diuji dalam 5-10 ribu kilometer.

Artikel terbaru: