AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi Dengan Aman

Mudik menggunakan Mobil pribadi – Salah satu tradisi ketika menjelang hadirnya bulan ramadhan yang sering ditunggu-tunggu oleh setiap orang yang berada jauh dari keluarga yakni Mudik.

Tahukah Anda apa itu Mudik?

Mudik awalnya berasal dari singkatan dari orang Jawa yakni “Mulih Dilik” dalam bahasa Indonesia berarti pulang sebentar. Akan tetapi dengan semakin majunya jaman dan seiring orang membuat kata-kata sendiri yang menjadikan “Mudik” dengan singkatan “Mulih Udik” atau dalam bahasa Indonesia pulang desa.

Lanjut ke topik pembahasan tentang tips aman melakukan mudik lebaran dengan menggunakan Mobil pribadi. Seperti yang kita tahu, bahwa perjalanan mudik bisa dilakukan dengan banyak cara, ada yang pake sepeda Motor, transportasi umum dan bahkan di jaman sekarang pemerintah juga ikut berpartisipasi dengan memberikan sebuah transportasi untuk mudik gratis.

Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi Dengan Aman

Akan tetapi dengan adanya Mobil milik sendiri maka kita tidak dipusingkan dengan transportasi apa yang akan digunakan untuk pulang kampong. Akan tetapi bila dilihat dari beberapa kisah dari tahun ke tahun. Dibalik kemudahan serta ongkos yang murah yang didapat bila menggunakan Mobil pribadi untuk mudik, membawa Mobil sendiri dalam perjalanan bertemu keluarga lebih berbahaya disbanding menggunakan angkutan umum.

Baca juga:

Tips Cek kaki-Kaki Motor Usai Perjalanan Jauh / Mudik
Peralatan yang Harus Dibawa Saat Mudik dengan Sepeda Motor

Oleh sebab itu kami dari autogaya akan memberikan tips-tips aman untuk melakukan perjalanan mudik menggunakan Mobil pribadi. Simak tips berikut ini:

Cek kembali kondisi Mobil Mudik

Melakukan cek dan ricek pada kondisi Mobil memang terbilang sangat penting sekali, akan tetapi tidak sedikit orang yang mengebaikannya. Nah sebelum Anda melakukan perjalanan mudik untuk bersilaturrahmi dengan keluarga sebaiknya membawa Mobil kesayangan Anda ke bengkel kepercayaan saudara.

Berbicaralah dengan montir untul melakukan pengecekan secara keseluruhan seperti kondisi mesin, ban Mobil hingga bahan bakar seperti oli atau suspensi yang sekiranga sangat penting. Apabila ada bagian yang memerlukan penggantian segera, maka jangan ragu untuk mengeluarkan uang untuk pergantian. Lebih baik keluar uang karena tidak seberapa dibanding dengan keselamatan Anda dalam perjalanan.

Packing barang bawaan dengan rapi

Kebanyakan orang membawa barang bawaan ketika mudik lebaran terlalu over dan tidak tertata. Apalagi pada saat mudik menggunakan Mobil pribadi, maka jumlah yang dibawa seakan tidak ada batasnya. Nah untuk perjalanan lebih nyaman sebaiknya melakukan pemilahan terlebih dahulu mana yang sangat perlu untuk di bawa.

Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi Dengan Aman

Anda juga bisa melakukan organizer atau pemilahan misalkan, untuk oleh-oleh diletakkan dalam satu tas yang disimpan di bagasi. Dan untuk barang yang digunakan atau dibutuhkan saat perjalanan mudik seperti baju, makanan dan lainnya sebaiknya diletakkan pada paling atas agar pada saat mengambilnya tidak mengobrak abrik semua barang bawaan.

Nb. Sebaiknya apabila barang bawaan terlalu banyak, lebih baik sebelumnya dikirimkan lewat pos terlebih dahulu, jadi sebelum Anda sampai barang sudah sampai duluan.

Jangan berlomba dengan bus dan truk

Pada saat dalam berada di jalanan pastinya akan ramai, karena banyak yang melakukan perjalanan mudik seperti tahun sebelumnya yang selalu padat contohnya jalan Pantura, yang pastinya harus berbagi dengan kendaraan besar seperti truk gandeng dan bus. Janganlah berlomba dengan mereka yang menggunakan Mobil dengan ukuran besar karena tentunya bahaya dan percuma sekali. Jadi demi keselamatan saat mudik lebih baik mengalah dan jangan mengambil jalur mereka supaya aman. Dan janga lupa untuk tidak terlalu mepet atau dekat denga Mobil ukuran besar tersebut karena menyentuh sedikit aja bisa berakibat fatal.

Mintalah co-driver untuk mengarahkan jalan

Walaupun biasanya co-driver untuk para pembalap, tapi saat melakukan perjalanan mudik juga sangat diperlukan. Misalkan saat mau menyalip bisa berguna untuk mengarahkan jalan atau melihat peta atau rambu-rambu saat dalam perjalanan. Ditambah lagi pada saat melakukan perjalanan jauh untuk mudik maka akan merasa lelah, oleh sebab itu co-driver bisa menggantikan Anda pada saat terasa lelah. Ditambah lagi pastinya akan lebih seru karena disaat keluarga Anda tidur bisa berbincang dengan co-driver disamping Anda.

Artikel lainnya: Tips Cek kaki-Kaki Motor Usai Perjalanan Jauh / Mudik

Tata/ atur mobil jadi senyaman mungkin untuk dikendarai

Memiliki suasana Mobil yang nyeman terutama pada ruang interior Mobil tentunya akan nyaman juga saat mengemudi. Oleh sebab itu atur atau tata Mobil Anda dengan interior yang nyaman menurut selera Anda seperti misalnya menambahkan bantal pada sandaran kursi Mobil.

Anda dapat merasa nyaman ketika menggunakan bantal Mobil dan badan pun terasa rileks pada saat mengemudi dalam jarak yang jauh serta membutuhkan waktu yang lama. Anda juga bisa sambil melengkapi dengan playlist pada Mobil Anda dengan lagu kesukaan agar bisa menjadi teman untuk melalui kemacetan. Akan tetapi jangan keras-keras supaya apabila kendaraan lain membunyikan klakson bisa terdengar.

Bawa persediaan makanan dan minuman

Pada saat dalam perjalanan mudik pastinya ada dimana saat tidak ada penjual makanan dan minuman seperti jalan tol atau pegunungan dan pedesaan yang sepi, yang dimana tidak ada satupun pedagang mkanan.

Padahal waktu sudah menunjukkan waktu berbuka puasa. Nah agar tidak terjadi seperti itu maka sediakanlah makanan di dalam Mobil Anda sebagai sekedar untuk berbuka serta pengganjal perut hingga menemukan warung terdekat. Yang lebih baik lagi apabila membawa makanan seutuhnya untuk perjalanan mudik Anda dan tidak perlu berhenti untuk mampir makan.

Manfaatkan gadget sebagai peta digital

Bagi kebanyakan orang sekaran sudah jamannya memakai gadget untuk kegiatan sehari-hari, oleh sebab itu manfaatkalah, jangan hanya buat selfie atau main game. Manfaatkan fitur peta yang tersedia di gadgetmu atau bisa manfaatkan fasilitas dari google seperti google map. Dari pada melihat peta secara manual pastinya akan lebih sulit.

Di era sekarang bahkan terdapat juga yang bisa dikendalikan dengan suara. Nah dengan suara tersebut maka tidak akan mengganggu konsentrasi mengemudi Anda. Untuk mendownloadnya Anda bisa cari di playstore atau google.

Berhenti Sejenak untuk tidur ataupun menyegarkan mata dengan melihat pemandangan

Last but not least, jangan lupa juga untuk memperhatikan kondisi tubuh Anda. Demi keamanan diri Anda sendiri dan keluarga, pastikan Anda mengemudi dalam kondisi tubuh yang fit. Anda bisa minum suplemen dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu di waktu sahur dan berbuka puasa.

Apabila kondisi Anda sudah mengantuk, maka disarankan untukberhenti sejenak untuk menyegarkan mata dan tubuh Anda. Dengan beristirahat sebentar juga bisa dengan melihat pemandangan sekitar di jalur mudik yang tentunya memberikan suasana hati lebih tenang. Atau bisa juga dengan mengganti posisi dengan co- driver yang telah Anda percaya untuk mengambil alih kemudi.

Simak juga:

Demikianlah sedikit info tentang Tips Mudik Menggunakan Mobil Pribadi Dengan Aman, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com