Home / Berita / Kerugian Mengganti lampu Utama Motor dengan HID

Kerugian Mengganti lampu Utama Motor dengan HID

Perubahan pada sepeda Motor dilakukan banyak pemilik untuk tampil sesuai keinginannya. Adapun salah satu ubahan yang dilakukan pada semua jenis Motor tak terkecuali Yamaha Nmax adalah mengganti lampu utama dengan lampu LED atau HID. Pergantian komponen tersebut sering sekali dilakukan oleh kebanyakan orang.

Seperti pada Yamaha Nmax, pada standar lampu utama Motor besutan Yamaha tersebut menggunakan lampu LED maka untuk melakukan pergantian bisa menggunakan dengan HID atau juga sama-sama LED namun yang lebih terang. Karena menurut kabar di internet, bahwa lampu utama bawaan pabrik kurang terang.

mengganti lampu utama motor

Akan tetapi mengganti lampu utama dengan HID harus dilakukan pemikiran yang matang. Karena meskipun bila dilihat secara umum lampu HID lebih terang dibandingkan dengan lampu LED, tapi berpotensi untuk membuat aki Motor menjadi tekor. Apakah Anda siap dengan hal tersebut, ditambah lagi Anda harus sering melakukan perawatan aki secara berkala.

“Akinya nanti `kalah`. HID itu kira-kira satunya 35 watt. Kalau NMax total 30 watt. Dan itu sudah diperhitungkan pabrikan. Akinya bisa tekor terus,” ujar Abdul Mukri, pemilik toko aksesori Laris Motor.

 Tidak hanya itu saja, penggunaan lampu utama menggunakan HID bisa menggugurkan garansi kelistrikan jikalau terdapat kerusakan pada bagian tersebut. Jadi apabila terdapt kerusakan, maka harus ditanggung sendiri walaupun masih ada klaim asuransinya. “Memang lebih banyak minusnya,” aku Abdul.

 Selain itu perlu juga dipertimbangkan tentang resiko kerusakan yang lebih besar. Bila dibandingkan dengan pergantian menggunakan HID, tentunya bawaan standar lebih awet dan sudah pasti tidak menimbulkan kerusakan lain atau hilang garansi karena telah dipertimbangkan oleh pabrikan. Selain itu masalah harga lampu juga berbeda yakni untuk harga lampu HID Rp 300 ribu sedangkan untuk harga lampu LED hanya 200 ribuan saja.

Baca juga: Ingin Upgrade Motor Injeksi? pakai PiggyBack

 Nampaknya fakta tersebut telah diketahui oleh papemilik Yamaha Nmax. Jadi sangat jarang ada yang memasang lampu HID di Motor mereka meskipun sebenarnya ada 1 atau 2.