AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Inilah Penyebab Konsumsi BBM Matik jadi Boros

Penyebab Konsumsi BBM Matik Jadi Boros – Motor Matic kini menjadi andalan banyak orang. Hal tesebut bukan karena tanpa alasan, akan tetai dikarenakan bahan bakarnya yang irit salah satunya. Selain itu dalam pengoperasiannya juga sangatlah mudah yakni hanya dengan melakukannya menggunakan tangan saja.

Akan tetapi bagaimana jika BBM Matik jadi boros, padahal umumnya sepeda Motor dengan tipe matik sangatlah irit bahan bakar? Beberapa kemungkinan bisa terjadi, salah satunya adalah Motor matik tersebut sudah melewati batas servis. Jadi terdapat beberapa komponen yang memang perlu dilakukan perawatan.

Penyebab Konsumsi BBM Matik jadi Boros

Penyebab konsusmsi BBM matik jadi boros bisa terjadi pada komponen di bawah ini, jadi periksalah komponen tersebut apakah bekerja dengan maksimal atau mempunyai gejala yang harus segera diatasi.

Komponen yang pertama adalah saringan udara, bila dalam saringan udara didapati dalam kondisi kotor maka udara yang enuju ke ruang bakar akan berkurang yang menjadikan campuran bahan bakar jadi tidak sempurna. Hal tersebut akan menjadikan gejala seperti brebet serta konsumsi BBM Matik jadi boros.

Untuk komponen kedua yang perlu dilakukan pengecekan adalah busi. Biasanya kondisi busi bila telah lama dipakai akan aus dan menjadikan jarak renggang busi yang idak normal. Hal semacam ini juga menimbulkan efek brebet dan konsumsi BBM Matik jadi boros.

Tidak hanya itu saja, bisa juga masalah terjadi pada klep atau valve yang jarak renggangnya sudah tidak sesuai dengan pabrikan. Apabila klep terlalu rapat, maka klep akan lama menutup dan cepat dalam membuka. Dan apabila klep terlalu renggang, maka klep akan lama membuka dan cepat menutup. Apabila sudah terjadi seperti itu maka berakibat pembakaran menjadi tidak sempurna.

Selain itu, apabila aturan putaran mesin terlalu rendah, maka tarikan gas menjadi tidak stabil dan malahan sering mati. Nah jika sudah terjadi tersebut maka yang harus dilakukan adalah jika Motor skutik masih menggunakan karburator maka dilakukan penyetelan idle screw ke pengaturan standar. Akan tetapi bila telah menggunakan injeksi, makaharus dilakukan pemeriksaan pada sensor injeksi bahan bakar dan juga pada sensor EOT, setelah itu pastikanlah tekanan fuel pump dalam kondisi standar.

Baca juga: Ingin Upgrade Motor Injeksi? pakai PiggyBack

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com