AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Penyebab Mobil Turun Mesin serta Cara Mengatasinya

Penyebab Mobil Turun Mesin – Mobil merupakan kendaraan yang sudah melekat dalam kehidupan Rakyat Indonesia. Bahkan penjualan Mobil hingga saat ini masih terbilang sangat tinggi. Jadi tidak heran para Produsn ternama berlomba-lomba untuk bersaing dalam mengeluarkan produk dan teknologi terbaru. Dalam hal kendaraan tentunya juga membutuhkan perawatan yang harus dilakukan. Sebagai langkah untuk menjadikan Mobil tetap awet dan dalam kondisi maksimal selalu. Di samping itu, pada saat melakukan perawatan tentunya harus mengetahui penyebab Mobil turun mesin, supaya saat melakukan perawatan tidak langsung menurunkan mesin karena telah mengetahui apakah ada masalah atau tidak.

Masalah yang bisa saja terjadi pada Mobil Anda ada beberapa faktor, seperti misalnya kerusakan kecil sampai parah. Mungkin bagi pemilik Mobil yang pernah mengalami turun mesin pasti sudah tahu tentang penyebab Mobil bisa turun mesin. Tapi apabila kerusakannya kecil itu tidak perlu khawatir karena biayanya juga sedikit. Tapi, tahukah Anda apa yang dilakukan saat turun mesin? Turun mesin atau biasa disebut dengan istilah Overhaul adalah perawatan atau pemeriksaan dapur pacu secara menyeluruh, dan untuk melakukannya harus membongkar setiap komponen Mobil dengan melepasnya dari kap mesin Mobil. Akan tetapi untuk melakukan turun mesin biasanya terjadi karena kerusakan yang parah.

Penyebab Mobil Turun Mesin serta Cara Mengatasinya

Pada masalah turun mesin, biasanya hal ini diserahkan kepada Bengkel Mobil berpengalaman serta terpercaya. Karena saat membongkar mesin Mobil harus teliti dan di cek serta diukur dengan teliti semua komponen yang ada di dalamnya. Saat pemeriksaan dan ditemukan komponen yang mengalami kerusakan atau tsudah tidak bekerja dengan maksimal maka harus dilakukan pergantian dengan komponen baru. Setelah semua sudah clear tidak ada komponen yang bermasalah maka komponen-komponen tersebut akan dirakit kembali.

Perlu diperhatikan bahwa biaya yang akan dikeluarkan untuk pemeriksaan tersebut terbilang mahal atau tidak murah. Karena dalam hal ini biaya yang dikeluarkan adalah untuk membayar jasa serta komponen yang mengalami pergantian. Oleh sebab itu para pemilik Mobil sebaiknya mengetahui gejala-gejala mesin yang abnormal supaya kendaraan kesayangan Anda tidak mendadak rusak. Jadi sangatlah penting mengetahui penyebab daripada mesin Mobil mengalami turun mesin. Silahkan simak ulasan di bawah ini:

Penyebab Mobil Turun Mesin

Pada ulasan di bawah ini juga autogaya sematkan tentang cara mengatasi atau mengecek Mobil mengalami kerusakan yang bisa Anda lakukan agar tidak sampai turun mesin.

Mesin mati mendadak karena overheating

Pada saat Mobil mati seketika atau secara tiba-tiba saat digunakan, maka hindarilah untuk menghidupkan mesin kembali. Akan tetapi perhatikanlah terlebih dahulu jarum yang menunjukkan temperatur mesin. Apabila jarum tersebut menunjukkan H(hot) maka disarankan agar tidak menghidupkan mesin. Langkah yang harus dilakukan adalah memeriksa sistem pendingin mesin yang meliputi kipas pendingin radiator dan kebocoran air radiator.

Penyebab Mobil Turun Mesin serta Cara Mengatasinya

Apabila telah melakukan pengecekan dan tidak terjadi masalah atau penyebabnya, maka jangan juga memaksa untuk menghidupkan Mobil, karena hal itu akan meyebabkan mesin kembali mengalami overheating. Nah untuk solusinya adalah dengan meminta bantuan teknisi untuk melakukan perbaikan atau bisa juga meminta Mobil Derek untuk membawa Mobil ke bengkel terdekat. Hal tersebut dilakukakn jika tidak bisa diperbaiki di lokasi.

Mesin tetap menyala meski tidak ada pelumas

Hal ini merupakan salah satu penyebab Mobil harus dilakukan turun mesin. Pada saat oli tidak bekerja untuk melumasi oli, maka indikator pada dashboard akan menyala. Jika menemukan hal tersebut sebaiknya matikan mesin Mobil lalu memeriksa kapasitas oli melalui tongkat oli. Apabila menemukan kurangnya atau kehabisan oli maka sebaiknya ditambahkan oli terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, jangan lupa untuk memeriksa adanya kebocoran oli yang terjadi. Jika menemukan adanya kebocoran, maka segeralah perbaiki masalah tersebut. Saat masalah belum ditangani janganlah menyalakan mesin Mobil. Selain pada kebocoran, periksa juga sirkulasi oli apakah layak atau tidak untuk dinyalakan.  Jangan hidupkan mesin jika tidak ada sirkulasi. Sebab, tidak menutup kemungkinan pompa oli tidak bekerja atau ada saluran oli yang tersumbat.

Mesin kemasukan air (water hammer)

Salah satu penyebab Mobil turun mesin lainnya adalah adanya air yang masuk ke mesin Mobil. Air yang masuk pada mesin bisa melalui saluran hisap yang berfungsi unruk mengambil udara untuk masuk kedalam mesin. Hal tersebut terjadi biasanya pada saat melintasi genangan air atau saat terjadi hujan. Penyebabnya karena daya hisap terlalu tinggi sehingga air yang menyiprat akan ikut masuk ke dalam mesin Mobil.

Apabila air sudah masuk di dalam mesin maka akan menekan piston, sehingga dapat menyebabkan pecahnya piston, katup bengkok, connecting rod patah atau bahkan yang lebih parah mesin macet total. Supaya hal tersebut tidak terjadi maka sebaiknya jangan memaksa untuk melintasi genangan air yang terlalu tinggi yang melebihii roda.

Demikianlah sedikit info tentang Penyebab Mobil Turun Mesin serta Cara Mengatasinya, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya. Baca juga Penyebab Overheat dan Cara Deteksi kebocoran halus pada radiator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com