AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

6 Langkah Perawatan Mobil Tanpa Ke Bengkel dengan Mudah

Perawatan Mobil merupakan salah satu hal yang sangat penting supaya kondisi Mobil tetap dalam keadaan prima. Untuk melakukan perawatan baik bodi Mobil, mesin Mobil dan sebagainya biasanya dilakukan di bengkel langganan. Akan tetapi merawat Mobil di bengkel tentunya membutuhkan biaya yang harus dikeluarkan sehingga pada saat dana yang dipunya digunakan untuk keperluan lain yang lebih penting, maka tidak dilakukan perawatan.

Merawat sebuah Mobil tentunya sangat diperlukan secara berkala tergantung pemakaian. Terutama untuk pengemudi baru yang cara mengemudi Mobil masih tahap latihan. Nah daripada harus membawa ke bengkel lebih baik dilakukan perawatan Mobil sendiri apabila tidak terjadi kerusakan.

6 Langkah Perawatan Mobil Tanpa Ke Bengkel dengan Mudah

Akan tetapi kendala setiap orang masih bingung tentang tata cara dan darimana harus memulai melakukan perawatan Mobil mereka.

Oleh sebab itu, Kali ini akan kami berikan tips merawat Mobil dengan 6 langkah yang bisa Anda lakukan di rumah sebagai perawatan Mobil secara mudah dan gratis tentunya.

Simak juga: Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

6 Langkah Mudah Perawatan MOBIL Tanpa Harus Ke BENGKEL

Ban

Salah satu komponen yang membutuhkan perawatan adalah Ban. Komponen tersebut harus dilakukan pergantian setiap 5000 sampai 8000 kilometer. Selain itu jangan lupa untuk dilakukan pembersihan pada bagian brake dustnya, karena pada bagian tersebut sering kotor yang berasal dari tanah dan aspal. Apabila dibiarkan maka bagian tersebut bisa terpanggang karena adanya kombinasi lembab dan panas, sehingga sangat diperlun untuk merawat ban.

Selain itu jangan lupa untuk selalu mengecek tekanan ban secara berkala, kira-kira satu minggu sekali. Hal yang perlu diingat adalah jangan sampai mengendarai Mobil dalam keadaan ban telah botak. Apabila berada di jalanan yang licin, maka akan sangat berbahaya.

Mesin

Ganti sabuk mesin Anda tiap 25 ribu mil. Pastikan pula belt ini dalam keadaan baik karena bagian inilah yang pertama kali menghadapi keadaan ekstrem di luar ruangan. Yang tak kalah penting, periksa level oli dan cairan mesin. Setiap mesin berbeda letak cairan mesinnya. Namun di buku petunjuk saat Anda membeli mobil pasti dijelaskan dimana letak sumbernya.

Bahan bakar

Menggunakn bahan bakar yang mempunyai kadar oktan yang tinggi belum tentu menjamin kualitas dan kekuatan mesin menjadi lebih baik. Oleh sebab itu lebih baik menggunakan bahan bakar sesuai tipe Mobil. Di dalam buku panduan biasanya sudah tertera bahan bakar yang dianjurkan, oleh sebab itu gunakanlah bahan bakar yang dianjurkan tersebut.

Elektrikal / kelistrikan

Apabila Anda ingin melaukan pengecekan atau memperbaiki sesuatu yang berhubungn dengan sistem kelistrikan pada Mobil. Sebaiknya putuskan dahulu aliran listriknya, yaitu dengan cara memutus saluran aki Mobil. Sekalian juga untuk membersihkannya sebagai langkah awal perawatan aki mobil, karena apabila terdapat benda asing yang menempel bisa memperlambat hubungan sistem kelistrikan.

Lampu

Bila salah satu lampu sein Anda berkedip lebih cepat dari seharusnya, artinya ada lampu yang pecah di dalam. Lampu semacam ini mudah diganti, cukup Anda cari di toko otomotif terdekat. Bila Anda menggantinya sendiri, jangan pernah sentuh bagian kacanya. Tangan Anda akan menyisakan minyak dan lemak. Bagian ini akan bereaksi dengan halogen yang terdapat di dalam bohlam. Akibatnya, bohlam bisa pecah ketika Anda menyalakan mesin.

Warning Lights

Biasanya orang menganggap sepele komponen warning lights. Komponen ini terletak dibagian dashboard yang harus dilakukan perawatan. Alasannya karena lampu seperti indikator bensin dan panasnya mesin sanga membantu dalam perawatan Mobil. Untuk merawatnya hanya cukup memastikan `bahwa lampu indikator tersebut menyala sesuai fungsinya.

Baca juga:

Demikianlah langkah mudah untuk merawat Mobil tanpa harus pergi ke bengkel. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com