AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Perawatan Motor Untuk Harian Performa Tetap Maksimal

Perawatan Motor untuk Harian– Sepeda Motor merupakan kendaraan favorit yang banyak dimiliki oleh elemen masyarakat, baik di wilayah perkotaan ataupun perdesaan. Hal tersebut tidak jauh dari harganya yangterjangkau serta dalam penggunaannya sangat mudah. Selain itu juga dapat membawa pemilik untuk melakukan bepergian kemanapun yang mereka suka.

Namun disamping hal tersebut Motor juga pastinya membutuhkan perawatan secara berkala. Hal tersebut supaya mesin serta keadaan Motor tetap dalam kondisi yang baik. Merawat Motor sebenaranya mudah bila pemilik mengetahuinya. Kali ini autogaya akan memberikan tips cara merawat Motor murah untuk harian.

perawatan motor untuk harian

Perawatan Motor untuk harian Agar Awet

Merawat Motor dilakukan agar kinerja mesin tetap dalam kondisi maksimal, selain itu kondisi bodi bahkan rangka juga dalam kondisi baik. Apabila perawatan dilakukan dengan benar maka rasa nyaman akan dirasakan pemilik ketika berkendara. Selain itu jangan melupakan akan tampilan, bila tampilan Motor kita selalu bersih akan enak untuk dipandang.

Nah langsung saja berikut ini cara merawat Motor dengan mudah. Perlu diingat, perawatan Motor bukan karena ada kesempatan, akan tetapi membuat kita untuk menyempatkan sedikit waktu kita.

Jangan membawa beban berlebihan

Ketika Anda melakukan pembelian Motor baru, ada hal yang perlu diperhatikan yakni jangan langsung digunakan untuk membawa beban yang terlalu berat dan berebihan. Motor baru pada umumnya dianjurkan untuk membawa beban tidak lebih dari 200 kg, itu termasuk dengan berat pengendara. Dibuku petunjuk sudah tertera akan hal tersebut, selain itu disebutkan juga bahwa kecepatan Motor harus stabil yakni 40 km/jam sampai 60 km/jam dan minimal hingga 100 km/jam pertama. Apabila sudah mencapai 100 km/jam ansda bisa menambahkan kecepatan secara perlahan.

Adapun alasan melakukan hal tersebut karena komponen pada Motor yang berupa mesin masih dalam kondisi baru. Jadi sangat cenderunh mengalami geseka yang sangat besar dapat mengakibatkan mesin cepat panas.

Menghidupkan mesin menggunakan kick starter saat pertama kali

Pada saat akan menghidupkan mesin di pagi hari jangan keburu menggunakan electric starter. Tapi sangat dianjurkan untuk menggunakan kick starter. Hal ini dikarenakan saat di pagi hari kondisi mesin masih dingin, jadi sangat bijak menggunakan kick starter, apabila memaksa menggunakan electric starter itu akan jadi masalah jangka panjang. Ingin lebih jelasnya lihat artikel lainnya disini tentang: Cara menghidupkan mesin Motor dan mematikannya.

Melakukan pergantian oli Motor

Mengganti oli mesin Motor dilakukan secara berkala, hal ini terbilang wajib. Karena jika tidak dilakukan maka oli yang berada di dalam mesin sudah tidak bisa bekerja untuk melumasi komponen mesin Motor secara maksimal. Hal tersebut akan menjadikan gesekan langsung antar komponen dan membuatnya cepat aus dan rusak. Untuk waktu pergantian oli mesin misalnya setia[ 1500 km atau Anda bisa melihat buku petunjuk untuk pergantian oli. Efek lain pada Motor 4 tak yang telat melakukan pergantian oli biasanya terdengar suara yang tidak nyaman pada mesin atau keluar asap ngebul di bagian kenalpot.

Melakukan servis rutin

Selaian mengganti oli, melakukan servis rutin juga sangat perlu untuk dilakukan. Servis yang dilakukan biasanya membersihkan karburator, filter udara, penyetelan klep  dan penyetelan rantai Motor. Untuk waktu dilakukan servis biasanya kurun waktu 3 bulan sekali. Hal tersebut agar kondisi mesin tetap maksimal serta mengetahui gejala apabila akan terjadi kerusakan jangka panjang dan segera untuk diatasi.

Merawat dan mengganti komponen atau sparepart

Apabila saat Anda berkendara merasakan bahwa Motor Anda berkurang tenaganya, maka bisa saji terdapt komponen yang bermasalah. Silahkan di cek sendiri bila paham akan Motor , atau bisa membawanya ke bengkel. Hal tersebut dikarenakan, bila terjadi masalah pada komponen, maka tidak akan menjalar ke bagian lainnya. Hal tersebut dikarenakan setiap komponen saling berhubungan satu sama lainnya.

Lakukan lah pengecekan dan perawatan komponen secara rutin seperti mengecek tingkat kekencangan pada rantai dan juga penggunaan oli rantai agar rantai pada motor anda tidak mengalami aus, anda juga bisa mengganti oli rem (brake fluid) anda juga bias check kompresi tekanan angin pada ban , busi, aki dan hal hal lainnya yang sifatnya mudah untuk dilakukan sendiri dirumah.

Menjaga kebersihan sepeda Motor

Kebersihan pada motr memang harus tetap dijaga, karena apabila Motor dalamkondisi yang bersih maka akan terasa lebih nyaman saat dikendarai. Kalau bisa menjadwal pencucian Motor seperti misalnya 1 minggu sekali atau 3 hari sekali. Adapun tujuannya supaya cat Motor tetap terjaga dan pada bagian penting seperti velg, knalpot serta bagian luar lainnya tidak cepat keropos.

Apalagi kalau saat musim penghujan, harus lebih ekstra dalam hal perawatan. Untuk lebih jelasnya baca artikel tentang: cara merawat Motor di musim Hujan

Cara Berkendara yang baik

Biasakan untuk berkendara yang bijak jangan ugal-ugalan. Coba anda biasakan untuk mulai menjalankan sepeda motor dari persneling yang terendah dahulu misalnya dari gigi 1 dan dengan diiringi tarikan tuas gas yang seimbang dengan kecepatan semakin cepat anda bisa tambahkan lagi gigi motor anda dari awal 1 , 2 ,3 ,4. Setelah Kecepatan pada motor sudah dirasa sudah cukup anda selanjutnya bisa melakukan operan ke persneling yang lebih tinggi , slow aja istilah alon alon asala klakon hehe , jangan menggunakan motor ngebbuttt- remm , ngebutt -rem apa lagi gas pol mentok – rem. maka ini bisa menyebabkan motor rusak.

Baca Juga: Cara mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula

Demikianlah informasi tentang tips perawatan Motor untuk harian yang bisa Anda praktekkan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com