AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Inilah Perbedaan Busi Asli dan palsu Yang Harus Diwaspadai

Info Perbedaan Busi Asli dan Palsu – Semakin banyaknya kendaraan terutama di Kota besar tentunya akan bertambah juga kebutuhan komponen untuk kendaraan tersebut. Salah satu komponen penting yang sangat dibutuhkan pada suatu kendaraan bermotor adalah busi.

Banyak sekali busi yang beredar dipasaran dengan harga yang bervariasi tergantung merek. Selain itu untuk mendapatkan komponen busi tersebut sangatlah mudah, hampir setiap bengkel di pinggir jalan menyediakan komponen pengapian tersebut.

Simak juga: Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak

Akan tetapi seiring banyaknya permintaan pasar terhadap komponen tersebut menjadikan hadirnya komponen busi yang tidak direkomendasikan karena tentu dapat berakibat kurang baik seperti misalnya busi palsu. Jadi berhati-hatilah dalam membeli komponen busi untuk sistem pengapian tersebut, apabila kurang teliti maka bisa saja Anda akan mendapati busi palsu.

perbedaan busi asli dan palsu

Adapun perbedaan busi asli dan palsu tidak dapat dilihat dari bentuk kemasan ataupun wadahnya saja. Dalam melakukan pengamatan untuk mengetahui keaslian dari busi tersebut harus dilihat dari segi fisik busi tersebut. Nah oleh sebab itu kali ini akan diberikan informasi cara membedakan busi asli dan busi palsu agar saat Anda ingin membeli komponen tersebut bisa lebih berhati-hati.

Lihat juga: Cara membersihkan ruang bakar motor

Perbedaan busi asli dan palsu yang perlu diketahui

  1. Pada busi yang asli terdapat kode produksi yang hanya diketahui oleh pihak perusahaan pembuat komponen tersebut. Seperti Negara mana, tahun berapa dan bulan apa pembuatannya.
  2. Untuk busi yang palsu biasanya terdapat ring di tengah yang bisa dilepas dengan mudah. Sedangkan untuk busi yang asli ring tengah tersebut sangat sulit untuk dilepas. Ring tengah pada busi tersebut memang bisa dilepas apabila dipaksa, akan tetapi yang perlu diketahui bahwa apabila ring tersebut sudah dilepas maka tidak akan bisa dipasang kembali.
  3. Insulator pada busi bahannya berasal dari bahan keramik. Nah untuk busi yang asli mempunyai warna keramik yang putih terang, sedangkan untuk busi palsu mempunyai warna pudar seperti warna pada piring atau gelas.
  4. Pada metal shell komponen busi palsu tidak terlihat rapi, sangat berbeda dengan busi asli yang tampilan metal shell yang rapih.

Penggunaan komponen pengapian yakni busi palsu tentu tidak berdampak baik bagi kendaraan Anda seperti Motor. Hasil yang didapat seperti pengapiannya yang kecil sehingga berakibat pembakarannya tidak sempurna dan menghasilkan busi cepat mati serta bahan bakar menjadi boros.

Baca juga: 7 Komponen Untuk modifikasi Motor Cross

Demikianlah informasi tentang perbedaan busi asli dan palsu. Semoga dengan info tersebut menjadikan Anda bisa lebih berhati-hati dalam memilih komponen busi ataupun sparepart lainnya. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com