AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Perbedaan Fungsi Lampu LED dan DRL Pada Mobil

Perbedaan Lampu LED dan DRL – Lampu Mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting terutama pada malam hari. Kebanyakan Mobil di jaman sekarang telah menggunakan Lampu Light Emiting Diode atau yang dikenal dengan nama Lampu LED. Selain penggunaan lampu LED juga terdapat lampu lain yang memang tak sebanyak LED yakni Daytime Running Lamp atau sering disebut DRL. Banyak orang yang belum paham perbedaannya.

perbedaan-lampu-drl-dan-led

Perbedaan Lampu LED dan DRL

Seperti kata Iwan Abdurrahman yang merupakan General Repair Service manager dari TAM (Toyota Astra Motor). Menurut penjelasannya bahwa keduanya terdapat perbedaan yang sangat signifikan dilihat dari segi fungsinya.

“Pada dasarnya jelas beda, DRL itu tujuanya sebagai safety, sedangkan LED itu jenis lampu yang diterapkan ke lampu utama atau head lamp,” ucap Iwan.

Pihaknya menjelaskan bahwasanya lampu DRL adalah fitur penunjang keselamatan dalam berkendara. Lampu jenis DRL pada awalnya diterapkan pada Mobil-Mobil keluaran Amerika Serikat dan Eropa. Adapun fungsi lampu tersebut bukanlah sebagai aksesori, akan tetapi merupakan alat komunikasi antara kendaraan ke pengendara lain. Dengan fungsi tersebut memang menjadikan lampu tersebut menyala terus menerus baik pada waktu malam ataupun siang.

“Sama halnya seperti sepeda motor yang wajib lampu menyala di siang hari. Tujuanya agar keberadaan motor ini diketahui atau kelihatan pengendara lain, hal itu juga yang jadi fungsi DRL,” kata Iwan.

Simak juga: Apakah Fitur Canggih Honda Freed mampu melawan Sienta

Untuk LED lebih ke sistem pencahayaan dari lampu utama yang menggantikan peran dari bohlam biasa, seperti hologen dan HID. Penempatan DRL dan LED pada umumnya berbeda,  sebagian ada yang terpisah dari head lamp, sebagian lagi ada yang menyatu dengan rumah head lamp.

perbedaan-lampu-led-dan-drl

Tidak hanya menurut Iwan saja, bahkan Marco yang merupakan coordinator Autovision di MGK- Kemayoran juga mempunyai pemikiran yang sama. Menurut pihaknya walaupun secara jenis lampu tersebut terlihat sama tetapi dilihat dari segi fungsi terlihat perbedaan antara lampu DRL dan Lampu LED.

Baca juga: Mobil susah dihidupkan Saat mesin Panas Dan di pagi hari

“LED itu jenis lampu yang digunakan juga untuk DRL, tapi LED itu lebih merujuk pada fungsi penerangan di lampu utama, sedangkan DRL ke lampu tambahan yang jadi fitur safety,” kata Marco.

Jadi sudah jelas bukan perbedaan lampu LED dan DRL, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca tentang masalah lampu Mobil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com