AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak pada Sepeda Motor

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak  – Sepeda Motor merupakan kendaraan yang umum dan sangat merakyat, dari kalangan orang kecil hingga orang kaya. Nah sering sekali kalian melihat sepeda Motor yang melaju di jalanan, entah Motor 2 tak ataupun 4 tak. Mungkin bagi orang biasa yang tidak ingin terlalu ribet gak akan mempermasalahkan hal tersebut, tapi sebagian orang pasti penasaran tentang perbedaan Motor 2 tak dan 4 tak. Oleh sebab itu pada segmen kali ini akan dilakukan pembahasan tentang perbandingan antara Motor 4 tak dan 2 tak.

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak yang  periu diketahui

perbedaan motor 2 tak dan 4 tak

Sepeda Motor 2-Tak

Untuk pembahasan pertama kita focus pada Motor 2 Tak dahulu. Neh berikut penjelasannya:

Lihat lainnya: Alasan mengapa Tidak boleh Memotong rantai

Pada segi mesin, untuk mendapatkan tenaga satu kali dari pembakaran gas maka Motor 2 tak memerlukan 2 kali gerakan piston naik turun. Pada kinerja tersebut maka poros engkol sekali putaran. Nah untuk lebih jelasnya lihat di bawah ini:

TAK 1 : proses masuknya gas, pemampatan dan pembakaran gas (piston bergerak dari TMB menuju TMA)

TAK 2 : proses kerja, kompresi karter, buang dan cuci/bilas (piston bergerak ke bawah, TMA menuju TMB)

Untuk selanjutnya pada bahan bakar Motor 2 tak, yang dimana untuk jenis Motor 2 tak biasanya selalu menggunakan campuran yakni bensin yang ditambahkan campuran berupa Oli. Adapun pencampuran bisa dilakukan di dalam tangki ataupun sudah dibuat jalur sendiri, biasanya terdapat tempat oli samping.

Seperti yang kita tahu bahwa pada sepeda Motor 2 Tak tidak menggunakan katup. Adapun sebagai pengganti katup tersebut adalah dengan menggunakan Red Valve yang fungsinya untuk mengatur masuknya gas menuju ruang silinder.

Menuju bagian dalam, yang dimana pada bagian piston hanya mempunyai 2 buah ring yangkni ring kompresi I dan Ring kompresi II. Selain itu pada bagian mesin terdapat 2 macam kompresi pada tiap silindernya yakni kompressi primer atau cylinder dan kompressi skunder atau carter.

Stelah mengetahui seluk beluk dari Motor 2 Tak berlanjut menuju kelebihan dan kekurangan Motor 2-Tak, mari kita simak.

Kelebihan Motor 2 tak

  1. Keunggulan sepeda Motor 2 tak meliputi proses pembakaran, yang dimana pada proses tersebut terjadi pada setiap putaran stang seker atau poros engkol. Dengan proses tersebut menghasilkan putaran lebih rata dan putaran poros engkol menjadi lebih halus.
  2. Keuntungan lainnya adalah pada Motor 2 Tak tidak menggunakan Katup jadi komponennya lebih sedikit. Selain itu perawatannya juga lebih mudah dibandingkan dengan Motor 4-Tak, ditambah lagi jika terdapat komponen yang rusak harganya relative lebih murah.
  3. pada momen punter untuk purtaran lanjutan lebih kecil, dengan hal tersebut menjadikan gerakan yang dihasilkan lebih halus.
  4. Kebanyakan Motor 2 Tak mempunyai power dan tenaga lebih besar dibandingkan dengan Motor 4 Tak, walaupun dari segi mesin mempunyai kapasitas yang sama.

Kekurangan Motor 2 tak

Setelah membahas tentang kelebihan atau keunggulan dari Motor 2 Tak tentunya kurang lengkap jika tidak disertai dengan kekurangan atau kelemahannya, oleh sebab itu mari kita simak di bawah ini.

  1. Adapun kerugian Motor 2 Tak salah satunya pada langkah masuk dan buangnya yang lebih pendek. Maksudnya adalah ada saat mengoper gigi transmisi dari 1 ke gigi 2 biasanya jarak napasnya lebih pendek dibandingkan dengan Motor 4 Tak. Hal tersebut merupakan kerugian langkah tekanan kembali pada gas buang yang lebih tinggi.
  2. Ring piston akan lebih cepat aus, hal tersebut dikarenakan pada bagian silinder Motor 2 Tak terdapt lubang-lubang sehingga timbul gesekan antara lubang dan ring piston.
  3. Mudah panas karena lubang buang berada pada bagian silindernya.
  4. Sulit untuk memperoleh putaran rendah.
  5. Bahan bakar yang digunakan harus menggunakan campuran oli samping atau bensin campuran.

Baca juga:  membersihkan ruang bakar sepeda motor

Perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak

perbedaan motor 2 tak dan 4 tak

Sepeda Motor 4 Tak

Nah berlanjut kepada Motor dengan sistem 4 Tak, yang dimana jika dilihat dari segi mesin untuk mendapatkan 1 kali tenaga dari pembakaran gas maka diperlukan 4 kali pergerakan piston naik dan turun dengan putaran engkolnya 2 kali. Berikut lebih jelasnya:

TAK 1 : Gerak isap (piston bergerak dari TMA menuju TMB)

TAK 2 : Gerak kompresi/pemampatan (piston bergerak dari TMB menuju TMA)

TAK 3 : Gerak tenaga (piston bergerak dari TMA menuju TMB)

TAK 4 : Gerak Buang Sisa Pembakaran (piston bergerak dari TMB menuju TMA) Ditinjau dari jenis    bahan bakar yang dipakai dan konstruksi silinder

Lihat juga: Teknik Melewati Jembatan dan Tepian Jurang

Nah jika dilihat dari segi bahan bakar biasanya pada mesin Motor 4 Tak menggunakan bahan bakar bensin murni ataupun pertamax murni dan pertalite. Tidak dicampur seperti Motor 2 Tak. Perbedaan lainnya adalah pada Motor 4 Tak  mempunya 2 buah katup atau 4 buah katup. Sementara untuk bagian silindernya pada umumnya mempunyai 1 macam kompresi yakni kompressi silinder. Dan untuk yang terahir adalah pada Piston atau seker memunyai 3 buah ring yang meliputi:

Ring kompressi I

Ring Compressi II

Ring Oli

Seperti Motor 2 Tak, Motor dengan sistem 4 Tak juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, mari kita simak.

Keunggulan atau keuntungan Motor 4 tak

  1. Pada sepeda Motor jenis 4 Tak menggunakan proses pemasukan, kompressi, kerja dan buang biasanya dilakukan sendiri-sendiri. Hal tersebut tentu membgerikan kelebihan tersendiri, yang dimana kinerja dari mesin Motor akan lebih presisi, stabil dan efisien baik dari putaran rendah ke tinggi yang lebih lebar{500 sampai 10000 Rpm}.
  2. Kerugian langkahnya lebih rendah disbanding Motor 2 tak yang menjadikan konsumsi BBMnya lebih hemat.
  3. Pada putaran rendah lebih bagus serta panasnya mesin mudah didinginkan dengan proses sirkulasi oli.
  4. Pada langkah pemasukan serta buang lebih panjangyang menjadikan lebih baiknya efisiensi pemasukan dan tekanan.

Nah untuk bagian mesin, suhu  panas mesin lebih rendah dibandingkan dengan Motor 2 tak.

Setelah membahas tentang keunggulan Motor 4 tak tentunya kurang lengkap jika tidak disambung dengan kelemahannya, mari kita simak.

Baca juga: Adopsi kelistrikan Motor balap cocok untuk road race dan drag race

Kelemahan Motor 4 Tak

  1. Pada bagian konstruksinya gerak katup lebih kompleks terutama pada mekanisme dan komponennya. Hal tersebut menjadikan lebih sulit dalam hal perawatannya.
  2. Suara yang dihasilkan mekanismenya lebih bising.
  3. Untuk langkah kerjanya terjadi dengan putaran poros engkol 2 kali, yang menjadikan keseimbangan putar kurang stabil. Diperlukan jumlah silinder lebih dari 1 dan juga sebagai peredam getaran.

Demikianlah perbedaan Motor 2 Tak dan 4 Tak yang bikin penasaran. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarika lainnya terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com