AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Beginilah posisi tangan saat mengemudi yang benar

Posisi tangan Saat mengemudi yang benar – Mengemudi Mobil terlihat sepele, karena hanya memegang setir dan menancap gas, menahan kopling dan mengoperasikan pengereman. Namun hal tersebut ternyata sulit, apalagi bagi pemula. Hal sepele yang biasanya sering tidak diketahui adalah posisi saat memegang setir ketika mengemudi. Dalam hal ini dimana posisi tangan berada pada lingkar kemudi.

Seperti yang dikatakan Anando Eko yang merupakan instruktur keselamatan berkendara dari Michelin safety academy. Yang dimana banyak pengemudi belum paham benar tentang posisi tangan yang tepat ketika mengemudikan kendaraan.

posisi tangan saat mengemudi yang benar

“Sering melihat pengemudi menyetir hanya satu tangan, atau memegang di bagian dalam setir? Itu bisa membahayakan diri sendiri dan ada alasannya kenapa itu dilarang,” ucap Eko saat ditemui beberapa waktu lalu.

Akibat dari posisi tangan saat mengemudi yang salah adalah, disaat kondisi darurat maka tangan tidak dapat bereaksi dengan cepat. Yang paling parah adalah terjadinya tabrakan dan airbag mengembang. Meletakkan posisi yang tidak tepat pada setir maka bisa mengakibatkan tangan patah akibat dari airbag yang meledak saat mengembang.

Posisi tangan saat mengemudi Yang Tepat

Oleh sebab itu Eko menyarankan untuk peletakkan posisi tangan saat mengemudi harus saling berada pada posisi yang berlawanan. Dan inilah yang harus selalu diingat oleh para pengemudi.

“Biasanya di arah jam 3 untuk tangan kanan dan jam 9 untuk tangan kiri. Saat berbelok, usahakan juga kedua tangan di posisi berlawanan. Terus seperti itu, jangan berubah,” ucap Eko.

Eko juga menambahkan, bahwasanya saat ini produk Otomotif semakin lama semakin canggih. Namun bila tidak dibarengi dengan adanya pengetahuan mengemudi yang benar maka tentunya sistem keselamatan yang canggihpun  tidak dapat melindungi pengendaranya.

“Lingkar kemudi itu jadi alat berkomunikasi pengemudi dengan kondisi di luar kendaraan. Salah satu alasan kenapa fitur komunikasi di mobil saat ini berada di area setir, seperti pengatur suara, telepon dan lainnya, karena pentingnya tangan berada di kemudi. Kalau tidak mengetahui ini, secanggih apapun kendaraannya tidak akan berpengaruh pada keselamatan,” tutup Eko.

Baca juga: Tips Mengemudi Mobil Di Jalan Tanjakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com