AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Alasan Posisi Tangan Tidak Boleh Tetap Berada Pada Tuas Rem Motor

Posisi tangan Ketika berkendara sepeda Motor, banyak sekali pengendara yang tidak sadar akan posisi tangannya selalu diletakkan pada tuas rem. Hal tersebut dijadikan langkah untuk mengantisipasi bila terjadi sesuatu dengan menekan tuas rem dengan harapan Motor akan berhenti.

Jusri Puluhulu selaku Training Directur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, bahwasanya kebiasaan tersebut yang dilakukan baik erempuan ataupun pria adalah hal yang salah.

Hindari Posisi tangan saat mengendari ini

“Jadi dia (pengendara) pikir takut jatuh. Tangannya pasti bertahan di rem karena dia tahu rem bisa memberhentikan laju kendaraan menurut dia. Tapi justru perilaku seperti itu membahayakan. Faktanya itu menjadi satu larangan dalam teknik mengendarai,” ujar Jusri, beberapa waktu lalu.

Jusri juga menegaskan bahwa tangan pengendara harus berada pada grip gas ketika mengendarai sepeda Motor. Hal tersebut dilakukan untuk langkah pencegahan bagi pengendara yang aabila dalam kondisi darurat melakukan reflex dengan menekan tuas rem.

“Harusnya jari tangan stand by di sini (grip gas), karena saat ada di tuas rem dan ketika motornya hilang kendali maka secara tidak sadar akan mengerem. Pengemudi pikir berhenti keluar dari masalah, padahal kalau langsung mengerem bisa jatuh dan fatal,” pungkas dia.

Jadi intinya jangan selalu memposisikan tangan Anda berada dituas rem terus menerus. Belajarlah cara berkendara yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com