Home / Berita / Review Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-Z Serta Spesifikasi Harganya

Review Kelebihan dan Kekurangan Honda CR-Z Serta Spesifikasi Harganya

Kelebihan dan kekurangan Honda CR-Z – Pada awalnya CR-Z adalag sebuah Mobil coupe konsep yang dipamerkan pada Ajang Los Angeles Auto Show di tahun 2008. Unit konsep tersebut mempunyai tampilan yang futuristic dengan disematkan beberapa fitur canggih. Dari pihak Honda memang bersungguh-sungguh dalam  melakukan pengembangan Mobil Hybrid sport yang  efisien serta terjangkau. Dan pada akhirnya pada tahun 2010 Mobil tersebut diproduksi masal di Jepang.

Mobil Honda CR-Z dihadirkan guna untuk menggantikan CR-X yang telah elegenda di Dunia. Selain itu Honda CR-X digadang-gadang merupakan versi atas dari Mobil Honda Civic EF Nouva di masanya. Akan tetapi banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu karena memang tidak dihadirkan di Indonesia.

 kelebihan dan Kekurangan Honda CR-Z

Spesifikasi Honda CR-Z

Desain Eksterior Honda CR-Z

Pada bagian luar Mobil besutan Honda ini memiliki kesan yang agresif yang terpancar maksimal. Hal tersebut berkat adanya penggunaan lampu utama yang telah dilengkapi dengan Grill besar dan Drill yang berada di bawah bumper serta ditambahkan juga aero kit. Pada bagian depan mempunyai bentuk kap mesin yang membulat serta diakhiri dengan bumper desain menonjol. Bonnet ini tercatat memiliki ukuran yang cukup panjang dan membuat posisi driver tepat berada di tengah-tengah sumbu roda. Sehingga weight distribution (distribusi berat) menjadi sempurna.

Berlanjut pada bagian saping Honda CR-Z. yang dimana pada sisi kanan dan kiri memiliki kesan sporty yang amat terasa. Hal tersebut berkat penggunaan velg 17 inci yang dibalut dengan ban berprofil tipis membuat penampilan sisi dari CR-Z menjadi lebih kekar. Untuk gagang pintu juga terlihat berbeda dengan produk Honda masa kini lainnya. Malahan gagang pintu tersebut menyerupai milik Honda Genio dan Civic Estilo.

Daftar harga baru dan bekas Honda CR-Z

Pada bagian atas Honda CR-Z telah terlihat bahwasanya untuk atapnya berbahan kaca pada setengah bagiannya. Fitur tersebut sebagai pengganti sunroof, selain itu juga memiliki fungi untuk pintu mengakses bagasi belakang. Selain itu juga terpasang pula sebuah wiper guna untuk mencegah terhalangnya pandangan kebelakang saat terjadi hujan leat dikarenakan kemiringan atap dari Honda CR-Z yang terbilang melandai. Dilihat secarakeseluruhan memang tampilan dari CR-Z sangat memikat. Hanya saja terdapat kekurangan pada bagian belakang yang membuatnya kurang begitu srek, yaitu pada bagian belakang yang menggunakan stoplamp yang menyerupai Toyota Prius bahkan lebih bagus milik Prius.

Desain interior Honda CR-Z

Tidak hanya bagian eksterior saja yang dapat menarik perhatian konsumen, tapi bagian interior CR-Z juga memiliki desain yang memikat. Seperti pada bagian kanan dan kiri sistem kemudi yang telah disematkan susunan panel konsol yang sangat responsive dan mudah untuk dibaca. Untuk pengendaiannya terbilang cukup mudah  karena untuk peletakannya mudah dijangkau oleh pengemudi. Sementara untuk bagian tengah terdapat konsol untuk mengatur AC Climatic control dan Audio. Namun kelemahannya adalah bahan material yang masih menggunakan plastik biasa sangat jauh dari kesan mewah.

Interior Honda CR-Z

Pada bagian klaster instrument mempunyai desain yag seakan-akan seperti panel kabin pesawat yang terbilang cukup futuristic. Untuk fitur tachometer mempuyai ukuran besar dengan adanya speedometer digital yang terletak di atasnya pada bagian tengah. Disamping kanannya terdapat sebuah LCD MID serta indikator pencatat konsumsi bahan bakar yang cara kerjanya secara actual. Sementara untuk sisi kirinya terdapat indikator yang mengontor sistem kelistrikan, Posisi gear, berbagai indikator peringatan dan juga mode mengemudi. Untuk mode mengemudi yang hadir pada Mobil Honda CR-Z meiputi Normal, Eco dan sport. Sementara untuk degadrasi warna instrument bisa berubah-ubah secara otomatis yang meliputi Hijau untuk Eco Mode, Merah untuk Sport mode dan Biru untuk Normal.

Perlu diketahui bahwa Mobil Honda CR-Z dirancang untuk 2 orang penumpang. Selain itu juga terdapat kursi cadangan di bagian belakang yang diklaim cukup untuk memuat anak-anak.

Performa mesin Honda CR-Z

 Untuk masalah performa, Honda CR-Z menggunakan mesin dengan kapasitas 1,5 liter i-VTEC yang sama persis dengan milik Honda Jazz, Honda Freed dan City. Mesin tersebut menggunakan kode L15A7 yang dapat mengahsilkan tenaga maksimal sebesar 120 Hp/ 6.600 rpm dan torsiaksimal yang dihasilkan mencapai 145 Nm/ 4.800 Rpm. Mesin CR-Z tersebut menggunakan bahan bakar bensin berkolaborasi dengan sebuah Mobil listrik yang dinamakan dengan sebutan sistem IMA atau Integrated Motor Assist. Untuk tenaga tambahan yang diperoleh hanya 20 Hp saja. Untuk sistem IMA bisa diartikan dengan sistem semi Hybrid yang memiliki fungsi untuk memberikan daya tambahan saat diperlukan serta bisa mengisi ulang daya baterai ketika Mobil dalam kondisi dikemusikan pada mode ECO.

Review Honda CR-Z

Spesifikasi Honda CR-Z Mesin : L15A7 i-VTEC 4 silinder 16 katup SOHC + motor listrik.

Power : 120 HP @6.600 RPM + 20 HP.

Torsi : 145Nm @4.800 RPM.

Konsumsi BBM : 9-12 km/L ( dalam kota), 10-14 km/L (luar kota).

Transmisi : 6-speed manual, 7-speed matic CVT.

Suspensi : Depan McPherson strut independen, belakang torsion beam.

Rival : Toyota FT86.

Penjualan: 2010-sekarang.

Kelebihan Honda CR-Z Sangat sporty.

Irit.

Ramah lingkungan.

Handling sempurna.

Konsol panel dapat dikendalikan dengan mudah.

Klaster instrumen futuristik.

Fun to drive.

Kekurangan Honda CR-Z Eksterior belakang jelek.

Kursi tambahan di bagian belakang tidak berguna.

Kualitas interior belum terlalu bagus.

Tenaga mesin tidak cocok untuk sekelas mobil berkategori sport.

Harga mahal.

Jika ada komponen IMA yang mengalami gangguan, hanya dapat diperbaiki di bengkel resmi.

Baca juga: Ajang IIMS 2017 Jadi Saksi Kehadiran All New Honda CR-V Terbaru

Harga Honda CR-Z

Seteh membahas tentang review spesifikasi keunggulan dan kelemahan Honda CR-Z, tentunya masih kurang bila belum disertai dengan harganya. Berikut harga pasaran Honda CR-Z dalam kondisi bekas.

Honda CR-Z M/T Rp 505 Juta. Bekas 370 – 420 juta.
Honda CR-Z A/T Rp 519 Juta. Bekas 360 – 400 juta.

Demikianlah informasi tentang review spesifikasi kelebihan dan kekurangan Honda CR-Z. semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.