AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Ternyata, Inilah Sepeda Motor Matik Pertama Di Indonesia

Sepeda Motor Matik Pertama Di Indonesia – Pada saat produsen ternama Yamaha mengeluarkan salah satu Motor andalannya yakni Yamaha Nouvo yang dikenalkan di Asia Tenggara tahun 2002, banyak orang mengira bahwa Motor tersebut merupakan pelopor dari sepeda Motor  jenis matik pertama di Indonesia. Akan tetapi ternya hal tersebut salah besar. Adapun pelopor utama sepeda Motor matik adalah Vespa PK 125.

Motor Vespa tersebut lebih dikenal dengan nama Corsa yang dikenalkan pada tahun 1984 di Italia, sedangkan untuk di Indonesia pada tahun 1991 lewat agen tunggal pemegang merek (ATPM) PT dan Motor Vespa Indonesia. Motor Vespa tersebut telah mendapatkan lisensi penuh dari pihak Piaggio Italia.
motor matic pertama kali di indonesia

Ciri khas motor ini adalah tidak adanya pedal rem belakang umumnya ada di dek kanan bawah. Pedal ini dipindah ke stang kiri, menggantikan tuas kopling sebagaimana yang terdapat pada vespa manual.  Dulunya jenis Vespa ini sanga booming dan banyak digemari di kalangan rider perempuan karna menggunakan transmisi otomatis. Karna transmisi otomatisnya ini mirip seperti tren motor matik modern yang muncul pada awal abad-20. Apaladi dimensinya kecil karena menggunakan platform small rfame seperti vespa PTS 90 dan 100.

Untuk sistem penerangan dari Vespa Corsa menggunakan lampu utama yang memiliki bentuk bulat, sedangkan untuk lampu reteng atau sein berada pada bagian sayapnya. Sementara untuk jok pengemudi didesain menyatu serta pada bok tempat cadangan tidak menggelembung seperti vespa pada era sekarang. Selain itu kaki pengemudi dapat bergerak bebas, sebab desain bagasi depan begitu ramping.

Pada sektor mesin Vespa Corsa atau PK 125 menggunakan sistem 2 tak yang mempunyai kapasitas 125 cc. dengan mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 7 tk/5600 rpm. Adapun kecepatan lajunya mencapai 90 km/jam. Unruk starternya telah menggunakan dual starter untuk menyalakan mesin yakni elektrik dan kick starter.

Alasan mengapa Motor matik pertama ini diberhentikan produksinya pada tahun 2006 adalah karena tidak mampu untuk menyaingi merek lain. Meski begitu masih ada beberapa orang pecinta matik yang menyimpannya sebagai koleksi, bahkan masih dioprasikan dan ada juga yang menjualnya yang tertulis Vespa PK 125 bekas yang diberi harga sekitar Rp 6,5 juta.

Jadi gimana, apa yang sebelumnya Anda fikirkan apabila diberi pertanyaan tentang Motor atik pertama di Indonesia. Simak juga Mobil Terlaris sampai sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com