AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

SIM Online Inovasi Terbaru Dari Korp Lalu Lintas Polri

SIM adalah singkatan dari Surat Izin Mengemudi, benda tersebut berbentuk seperti E-KTP yang fungsinya sebagai bukti bahwa seseorang yang memiliki SIM telah layak mengendarai kendaraan bermotor. Salah satu inovasi yang dibuat oleh pihak Korps Lalu Lintas Polri adalah SIM Online. Yang dimana sistem tersebut  maksudnya adalah para pemohon pembuatan SIM bisa mendaftarkan dirinya menggunakan sistem online.

Seperti yang dikatakan oleh Kapolri Jendral Pol Tito, yang dimana pada sebelumnya SIM Online hanya dapat digunakan pada perpanjangan SIM saja, namun kali ini pembuatan SIM baru bisa dilakukan melalui sistem online.

Pendaftaran sim online

“Yang belum ada itu SIM Online untuk yang baru. Buat yang baru masih di tempat masing-masing, tapi dengan adanya e-KTP yang sudah online di seluruh Indonesia, selama (pemohon) memiliki e-KTP, dia bisa memasukkan data, apply di mana saja di seluruh di Indonesia,” jelas Tito, saat memberikan sambutan di peluncuran E-Tilang, SIM Online, dan E-Samsat di Satpas Daan Mogot, Jakarta Barat, Jumat (16/12/2016).

Dengan metode sistem SIM Online,maka para pemohon tidak perlu repot kembali ke Daerah asal hanya untuk membuat SIM. Para pemohon cukup mendaftarkan diri secara online, kemudian membayar biaya melalui transfer dan yang terahir yakni datang ke Satpas atau gerai SIM di Kota tempat dimana Anda tinggal atau lokasi sekarang.

“Jadi enggak perlu lagi yang punya KTP Papua pulang dulu untuk bikin SIM. Itu kan mahal, biayanya saja bisa Rp5 jutaan. Padahal untuk bikin SIM baru ini bisa dilakukan di seluruh Indonesia,” cetusnya.

Tidak hanya itu saja, dengan cara pembuatan SIM Online diharapkan dapat memperkecil gerak potensi Calo atau pungli yang dilakukan oleh salah seorang petugas.

“Tadinya ada sentuhan calo-calo maka akan jauh berkurang. Saya enggak mengatakan akan hilang karena penjahat lebih pintar, tapi bisa berkurang karena bayar lewat ATM,” pungkas Tito.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com