A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Daihatsu / Spesifikasi dan harga Daihatsu Charmant Beserta Kelebihan Kekurangan

Spesifikasi dan harga Daihatsu Charmant Beserta Kelebihan Kekurangan

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Charmant – Pihak Daihatsu membangun Daihatsu Charmant yang merupakan Mobil jenis sedanKompak mggunakan sasis dari Toyota Corolla sejak tahun 70-an pada edisi pertamanya. Untuk Charmant yang dihadirkandi Indonesia merupakan generasi kedua dengan menggunakan sasis Toyota atau untuk lebih tepatnya adalah rebadged dari Toyota Corolla DX. Perkenalan perdananya dilakukan pada tahun 1981 melalui ajang pergelaran otomotif Frankfurt show dengan mengusung tipe LD, LC dan LE. Akan tetapi di Indonesia yang dijual secara resmi hanya Daihatsu Charmant LD dari tahun 1983. Selain itu beberapa unit juga dihadirkan melalui jasa importir umum yakni tipe LE yang seringkali digunakan para pejabat pemerintahan.

spesifikasi harga daihatsu Charmant

Sebagai versi rebadged, tentunya terdapat perbedaan dari segi target pasar serta penjualannya. Seperti misalnya Xenia, yangimana untuk Daihatsu xenia varian tertinggi dipotong dalam hal kelengkapannya untuk menekan harga jual.

Spesifikasi Daihatsu charmant

Desain eksterior Daihatsu Charmant

Pada bagian tampilan luar, Daihatsu charmant dengan Toyota corolla DX perbedannya tidak terlalu jauh dikarenakan mengggunakan basis yang sama. Untuk perbedaannya berada di beberapa titik seperti grill, bentuk bumper dan lampu. Akan tetapi soal kualitas, Daihatsu Charmant lebih dinggulkan. Meskipun dalam segmen yang sama namun kelasnya berbeda.

Berlanjut pada bagian samping, yang Diana perbedaan antara keduanya berada pada frame kaca pada pintu belakang. Yang dimana utnuk Corolla DX terlihat begitu menyatu, sedangkan pada Daihatsu Charmant dibuat terisah. Dengan hal tersebut menjadikan potongan pintu dari Daihatsu charmant menjadi agak miring. Selain itu, terdapat pula lis krom yang mengelilingi kaca yang digunakan sebagai penanda bahea charmant merupakan Mobil yang lebih elit.

Sementara pada bagian belakang, buntut Charmant terlihat lebih elok karena banyak lekukan bulat dan jelas jauh berbeda dengan Corolla DX yang lebih mengkotak. Pada desain lampu belakang yang digunakan Charmant menyerupai mobil American Style dengan adanya penggunaan garis potongan memanjang di bagian tengahnya yang dijamannya sangat jarang diadopsi oleh mobil Jepang.

Desain interior Daihatsu Charmant

Bila dilihat, perbandingan Daihatsu charmant dengan corolla DX terlihat pada sekotr kabin. Yang dimana bentuk dasbor yang dimiliki charmant hampir mirip dengan milik corolla DX yang serba mengkotak. Hanya saja untuk charmant mempunyai skema warna badge pada seluruh bagian dasbor, jok sampai trim pada semua pintu. Selain itu, dengan adanya wood panel yang didesain melintang sepanjang area tengah dashboard menjadikan kesan tampilan menjadi lebih mewah.

Interior daihatsu charmant

Berlanjut pada fitur Daihatsu Charmant, yang dimana untuk tahun awal yakni 84 sampai 85-nan masih biasa atau belum ada penambahan fitur canggih. Setelah itu, pada keluaran tahun 86 dan 87 yang merupakan akhir produksi, barulah disematkan fitur powersteering serta tuas pembuka tangki bahanbakar yang pengoperasiannya berada di dalam kabin. Sedangkan fitur yang paling menonjol untuk edisi terahir adalah dihadirkannya fitur cool box yang pada masanya mampu mendobarak pasar otomotif. Bahkan Mobil Sedan sekelas Eropa yang tampilannya mewah, masih belum atau jarang ditemukan fitur tersebut.

Performa mesin Daihatsu Charmant

Pada sektor dapur pacu, pihak Daihatsu menyematkan mesin karburator dengan kode 4A-Cyang mempunyai kapasitas 1,6 L. dengan menggunakan mesin Daihatsu Charmant tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 82 Hp/ 5600 Rpm dan torsi maksimal yang dicapainya sebesar 130 Nm/ 3000 rpm. Mesin Charmant menggunakan sistem penggerak roda belakang dengan penggunaan transmisi manual 5 percepatan.

mesin daihatsu Charmant

Spesifikasi Daihatsu Charmant Mesin : 4A-C karburator 1.6 liter (1600cc).

Konfigurasi : 4 silinder segaris 8 katup SOHC.

Tenaga : 82 HP @5.200 RPM.

Torsi : 130 Nm @3.600 RPM.

Bore x stroke : 81 mm x 77 mm.

Rasio kompresi : 9.0:1

Konsumsi BBM : 9-11 km/L (dalam kota) ; 12-14 km/L (luar kota).

Transmisi : Manual 5 percepatan.

Suspensi : Depan MacPherson Strut, belakang 4-link rigid.

Rival : Toyota Corolla DX dan Mitsubishi Lancer SL.

Tahun Penjualan : 1983 – 1987.

Kelebihan Daihatsu Charmant Desain klasik elegan.

Interior mewah dengan fitur lengkap.

Dilengkapi power steering (hanya 86 dan 87).

Mesin bandel.

Akselerasi cukup bagus.

Topspeed tinggi.

Mudah mengganti mesin menjadi 4A-GE tanpa banyak perubahan.

Kekurangan Daihatsu Charmant Body rentan keropos.

Part body sulit di dapat.

Peredaran langka.

Sparepart mesin terbatas.

Jarang ada unit yang bagus.

Depresiasi harga cukup tinggi.

Daftar harga Daihatsu Charmant Tahun 1983 : 10 Juta.

Tahun 1984 : 13 Juta.

Tahun 1985 : 17 Juta.

Tahun 1986 : 21 Juta.

Tahun 1987 : 26 Juta.

Baca juga:  Detail Kelebihan Dan Kekurangan Daihatsu Charade Classy Mobil Segmen Sedan

Demikian informasi lengkap tentang review spesifikasi, harga, serta keunggulan dan kelemahan  Daihatsu Charmant. Semoga bermanfaat dan jangan lup