AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Terkena Tilang Saat Razia Polisi, Ini yang Harus dilakukan bila tidak bersalah

Razia polisi di jalan sebenarnya diperuntukkan untuk menjaga keamanan dan keselamatan dalam berkendara. Tapi juga kadang ada praktek pungli di Jalan yang juga meresahkan banyak masyarakat. Namun sekarang semoga saja praktek pungli tersebut hilang dengan kebijakan Pak Presiden untuk memberantas pungli di seluruh Indonesia.

Saat terjadi razia polisi di jalan kerap terpancing emosi baik bagi pengemudi ataupun Pak polisi. Hal tersebut memang sangat memprihatinkan, pastinya harapan setiap orang baik masyarakat ataupun polisi adalah saling menyadari kesalahannya masing-masing dan bersikap sabar.

razia polisi gokil cewek cantik

Seperti yang dikatakan Road Safety Consultant Jusri Pulubuhu, bahwasanya saat diberhentikan oleh Polantas baik dalam keadaan melanggar atau tidak , maka sebaiknya sang pengemudi menepikan kendaraannya terlebih dahulu.

“Tetap harus berhenti dulu. Bagaimanapun kondisinya, mau dia salah atau enggak. Kalaupun salah sebaiknya mengakui kesalahan. Namun jika merasa tidak bersalah lalu tetap ditilang, enggak perlu langsung emosi. Kan tetap bisa dengan cara baik,” ujarnya kepada Okezone.

Pria yang menjabat sebagai Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) ini menambahkan, apabila pengemudi kurang puas dengan sikap dan perilaku petugas yang menilang, maka pengendara bisa melaporkan masalah tersebut ke Divisi Profesi dan Pengamanan (DIV Propam) Polri dengan membawa bukti yang cukup.

Berikut ini adalah tips dari Jusri untuk pengemudi dan pengendara bila merasa tidak melakukan kesalahan saat ditilang.

  1. Mencatat identiyas Polisi

Mintalah identitas petugas polisi yang menilang mulai dari nama, pangkat dan tempat berdinas. Hal tersebut bisa menjadi bukti saat pengendara diperlakukan kurang adil oleh petugas.

  1. Memfoto

Foto bisa menjadi bukti yang kuat saat merasa disalahkan. Yang perlu diingat adalah, hindari menambil wajah Polisi karena hal tersebut bisa dianggap mengintimidasi. Pengemudi hanya cukup mengambil gambar kendaraan yang ditilang dan juga lokasi tempat penilangan tersebut. Usahakan dalam pengembilan gambar dengan angle yang mudah dikenali seperti bangunan gedung, toko atau yang lainnya.

  1. Meminta surat tilang

Apabila pengendara merasa tidak bersalah, maka mintalah surat tilang kepada petugas dengan slip warna merah. Dengan menggunakan surat tersebut bisa melanjutkan ke persidangan dan melakukan pembayaran denda terhadap pasal yang dilanggar. Namun jika tidak ingin menunggu yang biasanya waktu persidangan harus menunggu 2 minggu, maka mintalah slip biru yang digunakan penyelesaian secara mudah. Yakni dengan melakukan transfer ke Bank tanpa repot menghadiri siding.

  1. Jangan Naik Darah atau Emosi

Emosi tidak ada manfaatnya, dengan emosi dan melawan petugas menimbulkan sikap yang kurang santun terhadap petugas. Selain itu apabila membuat macet di Jalanan, maka hal tersebut malah mempermalukan diri sendiri di hadapan khalayak umum.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com