AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Ternyata Ini Penyebab Indikator bensin Pada Mobil tidak Berfungsi

Indikator bensin pada mobil tidak berfungsi merupakan salah satu hal yang bikin pengendara kesal. Bagaimana tidak bila sedang dalam perjalanan tiba-tiba macet sementara pada indikator masih menunjukkan pada huruf F, bukan karena mesin Mobil yang rusak tapi karena kehabisan bensin. Atau bisa saja terjadi sebaliknya,pada saat ingin mengisi BBM ternyata tangki bahan bakar masih terisi penuh namun pada Indikator bensin pada mobil menunjukkan huruf E. jadi sangat tidak menyenangkan bukan, lantas apa penyebab Indikator bensin pada mobil ngaco?

Indikator bensin Pada Mobil tidak Berfungsi

Penyebab Indikator bensin pada mobil Tidak berfungsi

Indikator bensin ngaco bisa saja terjadi tidak hanya pada jeniss analog saja, akan teetapi juga terjadi pada Indikator bensin pada mobil jeniss digital. Lantas apakah yang menyebabkan Indikator bensin pada mobil ngaco, mari kita simak berikut ini:

Pelampung

Komponen pelampung leyaknya berada di dalam tangki bensin. Pada bagian pelampung terdapat kumparan, apabila usia Mobil sudah di atas 5 tahun maka biasanya kumparan tersebut semakin melemah. Adapun fungsi kumparan pada pelampung mempunyai fungsi sebagai pengirim sinyal menuju indicator yang berada di bagian dasbor. Apabila kumparannya lemah maka sinyal yang dikirimkan pun tidak akurat.

Kumparan pada indicator

Selain di pelampung, di indikatornya sendiri juga memiliki sebuah kumparan. Jika kondisinya sudah lemah tentu jarum yang bergerak tidak akurat atau tidak sesuai dengan sinyal dari pelampung. Bahkan sering juga ditemui kumparan ini putus, akibatnya jarum sama sekali tidak bergerak.

Parkir Mobil dalam kondisi menanjak

Apabila kondisi pelampung masih normal maka hal tersebut tidak jadi masalah. Akan tetapi bila kondisinya sudah tidak layak pakai maka saat parkir dalam posisi menanjak kerap pelampung tidak kembali pada posisi semula. Hal tersebut berakibat jarum indicator hanya berada pada satu titik tidak bergerak, entah pada huruf E ataupun F. pada indicator jenis digital juga sering sekali terjadi, akan tetapi kasusnya berbeda. Untuk indicator bensin jenis digital hal tersebut sudah biasa dan tentunya bukan masalah pelampunganya. Pada sistem digital memang kurang responsive, dan pada saat Mobil telah berjalan beberapa meter maka jarum indicator akan kembali normal seperti semula.

Baca juga: Alasan Mengapa Sandaran kepala pada Mobil Amatlah Penting

Demikianlah informasi tentang penyebab indicator bensin pada Mobil tidak berfungsi atau ngaco. Semoga bermanfaat dan janganlupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com