A huge collection of 3400+ free website templates JAR theme com WP themes and more at the biggest community-driven free web design site
Home / Berita / Ternyata Ini Penyebab Kopling mobil Berat atau Keras Ketika Diinjak

Ternyata Ini Penyebab Kopling mobil Berat atau Keras Ketika Diinjak

Penyebab Kopling Mobil Berat atau keras – Komponen kopling adalah salah satu yang sangat penting. Fungsinya sebagai penghubung putaran dari mesin kendaraan menuju transmisi. Untuk pengguna Mobil dan Motor jenis matic pastinya hal tersebut tidak terlalu difikirkan saat dalam kondisi kemacetan. Namun bagi kendaraan yang menggunakan transmisi manual, pastinya akan menjengkelkan karena harus memainkan pedal koplingnya yang keras dan berat. Hal tersebut tentunya menimbulkan rasa pegal pada bagian kaki dan lutut. Lantas apakah penyebab kopling Mobil menjadi berat?

Penyebab Kopling Mobil berat saat diinjak

Penyebab Kopling Mobil Berat atau keras

Terdapat banyak hal yang mempengaruhi kopling Mobil sehingga menjadi keras dan berat. Akan tetapi kebanyakan kondisi keras pada kopling disebabkan kurangnya perawatan serta perilaku pengemudi yang salah. Jadi cara mengemudi yang baik sebenarnya adalah tidak selalu meletakkan kaki pada pedal kopling, dikarenakan hal tersebut bisa menyebabkan plat kopling menjadi cepat aus. Plat kopling yang sudah aus bisa menimbulkan kopling menjadi berat ketika diinjak. Tidak hanya itu saja, terdaat pula beberapa faktor penyebab kopling keras atau berat saat diinjak, mari kita simak.

Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras

Free Play terlalu kecil

Kondisi setelan koplig yang baik adalah ketika secara full pedal kopling ditekan, maka gigi transmisi akan mudah dipimdah dengan halus. Dan ketika pedal kopling diangkat menjadi 50% maka keadaan Mobil sudah bisa bergerak. Apabila tejadi free play atau gerak bebasnya terlalu kecil maka jarak tekan yang harus dilakukan semakin besar. Kondisi ini bisa membuat pengemudi cenderung merasakan keras atau berat saat pedal kopling dilakun penekanan.

Pegas Kopling sudah uzur

Baik  pegas koil maupun pegas diafragma yang ada di kopling jika, kondisinya sudah jelek maka tentu akan mengakibatkan pedal kopling menjadi keras. Solusinya ya harus ganti yang baru, untuk pegas diafragma atau yang juga disebut matahari kopling harganya berkisar Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu.

Release Bearing Kotor

Pergerakan Mobil dapat terganggu bila terdapat kotoran pada release bearing. Adapun solusi dari masalah ini bisa dipecahkan dengan melakukan penyemprotan dengan cairaanti karat secukupnya. Dengan melakukan hal tersebut maka gerakan release bearing akan kembali lancar yang menghasilkan pedal kopling menjadi ringan lagi.

Baca juga: Hati-hati Saat Parkir Mobil, Bisa merusak Power Steering pada Kemudi