AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Cara Mengatasi Benjolan pada ban motor dan mobil

Mengatasi Benjolan pada ban motor dan mobil. Beberapa kasus memang banyak terjadi pada ban kendaraan, seperti benjolan yang datang tiba-tiba. Mungkin diantara anda semua pernah mengalaminya, ban baru dipakai beberapa minggu sudah tidak nyaman karena adanya benjolan. Benjolan pada ban memang salah satu factor penyebab kecelakaan, bagaimana tidak? Saat melewati tikungan pasti akan terasa bergoyang dan apabila tidak berhati-hati maka ban akan tergelincir.

Tips Cara Mengatasi Benjolan pada ban motor dan mobil

 

Penyebab Terjadi Benjolan Pada Ban

Salah satu fenomena ban ini terjadi karena adanya udara diantara 2 lapisan ban, sehingga terjadi benjolan. Fenomena tersebut biasanya disebabkan karena adanya rongga pada ban yang mungkin daya rekatnya kurang, sehingga saat terjadi gesekan pada jalan ditambah terkena panas sinar matahari sehingga ban tersebut di hinggapi udara yang menimbulkan benjolan.

Penyebab terjadi benjolan pada ban motor atau mobil tidak hanya itu saja, factor lain yang menyebabkan terjadinya benjolan adalah pada saat produksi dalam pembuatannya masih kurang teliti, atau bisa juga saat pengisian angin pada ban terlalu mendapat tekanan sehingga keseimbangan ban tidak stabil dan mengakibatkan timbulnya benjolan.

Mungkin tidak hanya itu saja, penyebab lain terjadi benjolan adalah beban terlalu berat dan bisa juga terkena paku atau batu yang tajam. Benjolan pada ban dapat dirasakan saat anda memacu kendaraan anda dalam kecepatan tinggi, sehingga terjadi getaran yang tidak nyaman. Dan apabila anda mengalami hal itu maka berhentilah sejenak dan cek ban anda, apabila terjadi masalah maka jalan dulu pelan-pelan sampai menemukan bengkel terdekat.

Benjolan pada ban memang tidak bisa diperbaiki, jalan satu-satunya adalah dengan menggantinya. Dan apabila diteruskan terus menerus maka semakin parah, jika ditambal maka lama kelamaan akan robek sehingga membuat keamanan berkendara kita sebagai taruhannya. Nah apabila dalam kondisi mendesak atau lagi penting anda bisa gunakan cara berikut untuk mengatasi benjolan pada ban untuk sementara:

Mengatasi Benjolan pada Ban untuk sementara

Loh kenapa sementara mas?

Pertanyaan yang bagus pak, mungkin anda menginginkan perbaikan pada benjolan ini akan bertahan lama sampai ban habis, itu bisa saja dilakukan asal anda jalan pelan-pelan, jadi apabila terjadi masalah pada benjolan tersebut akan cepat mengatisipasinya.

Namun jika anda dalam kondisi suka menantang adrenalin dengan memacu kendaraan anda seperti naik awan kinton, maka lebih baik diganti saja biar keamanannya lebih terjamin.
Oke langsung saja, berikut ini tips mengatasi benjolan pada ban mobil dan motor:

1.siapkan alat yang dibutuhkan, alatnya adalah benda berujung tajam seperti paku atau obeng atau bisa juga pisau kecil serta kompresor atau pompa.
2.Carilah bagian yang terdapat benjolan pada ban mobil dan motor anda.
3.Apabila sudah ketemu tusuk pada benjolan tersebut dengan benda tajam yang sudah disiapkan, tapi ingat angin pada ban dalam harus terisi dan hati-hati jangan sampai menusuk sampe kepada ban dalam.
4.Setelah itu kempeskan ban dalam dan selanjutnya isi angin lagi pada ban tersebut dengan kompresor atau pompa yang sudah disiapkan tadi.
5.ulangi cara no 3 sampai angin yang ada di benjolan tersebut bisa keluar.
6.Nah setelah selesai dan benjolannya sudah hilang, maka kendaraan anda sudah siap digunakan, tapi ingat ini bukan untuk jangka panjang dan saya merekomendasikan untuk mengganti ban tersebut demi keamanan.

Cara Mudah Merawat Mobil Toyota Avanza Veloz

Demikianlah tips mengatasi benjolan pada ban Mobil dan Motor dan saya tekankan lagi agar anda segera menggatnti ban anda apabila terjadi benjolan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com