AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Cara Menggunakan Engine Brake Agar Hemat BBM

Selamat datang di Autogaya, kali ini Saya akan memberikan tips cara menggunakan Engine Brake agar dapat menghemat BBM.

Pada saat menyetir sering sekali kebanyakan orang menggunakan tuas transmisi untuk menghentikan laju mobil. Hal tersebut biasanya disebut Engine Braking, tehnik tersebut digunakan dengan alasan agar kampas rem tidak cepat aus.

Tapi, apakah Anda tau tentang kondisi mesin jika menggunakan engine brake? penggunaan engine brake tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jadi mau tidak mau para pemilik mobil harus mengetahui prinsip dasar penggunaannya agar mesin tidak cepat rusak dan tentunya akan menghemat BBM.

Simak juga: 6 Langkah Perawatan Mobil Tanpa Ke Bengkel dengan Mudah

Tips Cara Menggunakan Engine Brake Agar Hemat BBM

Sebenarnya tidak masalah apabila terlalu sering menggunakan Engine Brake, dengan catatan dilakukan dengan cara yang baik dan tepat serta jangan lupa diiringi dengan perawatan secara berkala. Engine Brake mempunyai manfaat yang tinggi, apalagi pada saat kecepatan tinggi dan menjumpai rintangan di depan dan mobil tidak keluar jalur ataupun selip, nah untuk menghentikan laju mobil bisa menggunakannya dan mobil akan melambat dan alhasil kontrol mobil menjadi lebih mudah.

Penggunaan Engine Brake Yang Tepat Bikin Hemat BBM

Untuk cara menggunakan Engine Brake agar hemat BBM, seperti contoh penggunaan transmisi manual. Apabila tuas transmisi pada posisi gear 4 maka jangan memindahkan langsung menuju gear 2. Lebih baik perpindahan transmisi dilakukan dengan berurutan, misalkan dari gear 4 menuju gear 3 lalu gear 2. Dengan melakukan hal tersebut maka penghematan dapat dilakukan dengan semudah itu.

Jadi, lakukan berdasarkan tips di atas saat jarum RPM menyentuh garis 4.000 RPM, lalu pindahkan tuas transmisi ke posisi gear yang lebih rendah. Ingat jangan langsung pedal diinjak saat melakukan engine brake, karena bisa terjadi Mobil akan sulit dikendalikan karena hentakan dari sektor mesin.Lakukan penggereman dengan menggunakan pedal rem pada kombinasi yang benar, jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut.

Apabila Mobil mengguanakan transmisi otomatis, maka gunakan tuas transmisi sebagai pemindah posisi gear dari D ke posisi 2. Apabila masih kurang, maka bisa menuju gear 1. Cara tersebut biasanya dilakukan pada saat jalanan menurun, demi mengurangi kampas rem agar tidak cepat panas ditambah lagi sebagai proses meminimalisir terjadinya rem blong.

Simak juga: Tips memilih Rental Mobil Agar terjamin Keamanannya

Demikianlah sedikit info tentang Tips Cara Menggunakan Engine Brake Agar Hemat BBM, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com