AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Memilih Oli yang Cocok untuk Mobil

Cara Memilih Oli yang Tepat Untuk Mobil – Oli merupakan salah satu bagian yag penting dalam kinerja mesin Mobil, yang dimana mempunyai bentuk cairan kental dan berfungsi melumasi seluruh komponen-komponen mesin. Tanpa menggunakan oli maka mesin tidak akan bekerja, karena komponen yang ada pada mesin akan saling bergesekan. Oleh sebab itu oli memiliki peranan sangat penting dalam kinerja mesin Mobil agar tetap optimal. Tetapi jika sudah terlalu lama dan mencapai batas pemakaian maka warna dan kekentalan oli akan berubah, sehingga kinerja yang dilakukan oli untuk melumasi bagian mesin kurang sempurna.

Cara Memilih Oli yang Tepat Untuk Mobil

Oli mesin dibuat dengan spesifikasi yang berbeda dan jenisnya pun berbeda berdasarkan akan kadar kekentalannya. Ketelitian dan pemahaman memilih jenis oli yang cocok untuk kinerja mesin memang sangat diperlukan. Apabila menggunakan oli yang tidak cocok dengan criteria maka akan menghadirkan efek berkepanjangan bagi kinerja mesin Mobil.

Baca lainnya:

Memilih Oli yang Tepat

Pemilihan oli sebenarnya terdapat banyak cara yang bisa dilakukan, pemilihan pelumas yang cocok untuk kendaraan memang sangat penting. Beberapa produk oli dirancang supaya kompatibel pada lebih dari satu mesin. Akan tetapi jangan sampai mencampurkan 2 jenis oli sekaligus dalam waktu bersamaan, walaupun Mobil Anda memiliki rancangan untuk dapat menggunakan 2 jenis oli tersebut.

Seperti telah dijelaskan di artikel sebelumnya tentang cara mendeteksi kondisi oli Mobil, bahwasanya salah satu gangguan mesin disebabkan oleh sistem pelumasan yang tidak maksimal. Oleh sebab itu pemiliha oli yang tepat adalah salah satu langkah untuk mengantisipasi kerusakan pada mesin agar awet dari gejala yang mengganggu kerja mesin. Oleh sebab itu pilihlah oli yang dianjurkan oleh produsen Mobil tersebut karena memang kemampuannya sudah teruji secara klinis.

Sedangkan untuk Mobil yang sudah tua umurnya melebihi 10 tahun, maka criteria oli bisa menanyakan langsung pada bengkel ahli. Karena tiap Mobil dengan merek berbeda tentunya jenis olinya berbeda pula. Hal tersebut mencakup kode yang terdapat pada oli. Nah pada oli di Indonesia yang sesuai dengan iklim adalah sbb:

Apabila Anda serius dalam hal perawatn Mobil tentunya harus mengetahui jenis oli yang cocok pada mesin  Mobil Anda. Nah padahal oli memiliki nomor yang digunakan untuk kode kekentalannya, apakah 5W-30 atau 10W-30 ataukah yang lainnya.

Simak juga:

Apa maksud dari sistem penomoran oli?

Jangan lupa pastikan bahwa oli Anda telah memenuhi rekomendasi yang disarankan oleh produsen Mobil. Beberapa faktor yang harus Anda ketahui tentang SAE oli mesin adalah:

1. Perlu diketahui bahwa SAE oli bukan angka mutu dari sebuah oli, melainkan hanya nomor yang digunakan sebagai tingkat perbandingan antar oli dalam hal kekentalannya dan daya tahan terhadap penggunaan yang berdasarkan dengan iklim sekitar, apakah suhunya dingin atau panas.

2. Oli yang encer belum tentu lebih bagus daripada yang kental, semuanya tergantung dengan suhu lingkungan yang diterjang Mobil tersebut.

3. Oli yang mempunyai sifat kekentalan(SAE) yang rendah memang cocok untuk konsumsi bahan bakar dan performa mesin, akan tetapi sangat tidak cocok buat perlindungan mesin. Yang perlu diwaspadai adalah dengan oli tersebut malah bisa memperpendek usia dari komponen mesin, sangat berbeda dengan oli yang kental.

Apakah penggunaan Oli yang salah dapat merusak garansi?

Apabila dalam penggunaan oli tentang kekentalannya tidak direkomendasikan dari pihak pembuat Mobil, maka bisa saja garansinya dibatalkan. misalkan menggunakan oli SAE 20W-50 pada mobil yang direkomendasikan untuk menggunakan oli SAE 5W-30I.

Simak juga:

Demikianlah sedikit info tentang Tips Memilih Oli yang tepat dan pas untuk Mobil, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com