AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips mengadopsi kelistrikan Motor balap cocok untuk road race dan drag race

Tips mengadopsi kelistrikan Motor balap – Sepeda Motor merupakan kendaraan roda 2 yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Seperti halnya anak muda yang sering melakukan perubahan atau memodifikasi Motor sesuai selera masing-masing. Selain itu bagi yang suka dengan Motor balap mungkin akan melakukan modifikasi tidak hanya pada bodi saja, tetapi perubahan juga dilakukan pada sektor  mesin agar lebih bertenaga. Selain itu sistem kelistrikan juga tak luut dari ubahan supaya menjadi kelistrikan Motor balap. nah kali ini akan diberikan informasi tentang adopsi kelistrikan dari Motor balap.

Apabila dilihat secara detail, mungkin banyak yang belum paham benar secara detail tentang kelistrikan pada Motor. Untuk melakukan pemahaman yang benar-benar pakar perlu bergelut dalam bidang kelistrikan Motor. Terlebih lagi sistem kelistrikan yang diterapkan pada Motor balap atau drag race.

Simak juga: Cara Merawat Motor Modifikasi

Tips mengadopsi kelistrikan Motor balap

Perlu diketahui bahwa sistem kelistrikan juga sangat berperan penting untuk melakukan modifikasi, sama pentingnya juga dengan sparepart ataupun komponen modif lainnya.

Sebenarnya sistem kelistrikan yang berada pada semua Motor terbilang hampir sama. Semuanya bertujuan untuk mengalir arus listrik dari komponen AKI atau baterai menuju komponen-komponen yang memerlukan tenaga listrik seperti misalnya pengapian.

“Pada Motor balap biasanya menggunakan metode kelistrikan “total post” atau kelistrikan DC” , ungkapan dari blink yang selaku pemiliki bengkel gila balap motor yang mempunyai lokasi di wilayah pondokgede bekasi.

Lihat juga: Peraturan Undang-Undang Tentang Modifikasi Motor

Tidak hanya itu, Blink juga menambahkan, bahwa total list merupakan metode kelistrikan yang dimana pada aliran listrik menuju sistem pengapian tidak melalui spul, akan tetapi langsung menuju aki dan CDI.

Dengan menggukan sistem total lost maka tenaga yang akan dihasilkan menjadi lebih besar dibanding Motor harian yang cenderung  menggunakan kelistrikan metode AC/DC. Apabila pada Motor  balap menggunakan metode AC/DC, maka beban kelistrikan akan lebih berat.

Hal tersebut juga di perkuat sang mekanik yang bernama ” Asep Lutfi Alfaruki “. Menurut Asep sendiri apabila tidak menggunakan metode kelistrikan total lost maka motor tidak dapat bertenaga saat ajang balapan motor road race ataupun drag race.

Untuk AKI yang digunakan biasanya jenis Aki kering dengan ukuran kecil. Adapun alasannya karena pada Motor balap membutuhkan bobot yang sangat ringan. Selain itu tenaga listrik yang dihasilkan juga minimal harus 12 Volt dengan kapasitas yang dimiliki aki minimal 4 ampere, ujar Asep. Nah untuk biaya modifikasi kelistrikan tersebut pada Motor balap membutuhkan dana sekitar 3 jutaan.

Tips mengadopsi kelistrikan Motor balap

Berikut ini adalah Tips Kelistrikan Motor balap yang cocok untuk road race dan drag race:

  1. Usahakan agar sistem kelistrikan pada Motor balap dalam keadaan stabil, konstan dalam melakukan pengisian tenaga supaya sepeda Motor dapat melaju dan berlai dengan kencang.
  2. Cari bengkel yang berkualitas dan terdekat, ditambah lagi usahakan menggunakan aki yang tentunya memiliki kualitas yang bagus, selain itu kapasitasnya minimal 5 ampere. Adapun alasan mengapa harus 5ampere adalah supata tenaga listrik yang dihasilkan bisa mencapai minimal 12 Volt.
  3. Seorang pembalap juga harus peka terhadap kelistrikan yang terdapat pada motor tunggangannya, agar tidak terjadi kendala saat balapan,istilahnya paham dikit dikit tentang kelistrikan.
  4. Perlu diingat bahwa jangan sampai lupa untuk memperhatikan kebutuhan sistem kelistrikan pada Motor, karena tiap Motor balap membutuhkan kekuatan kelistrikan yang tentunya berbeda-beda.

Simak juga: Modifikasi Motor Yamaha Jupiter Z

Nah apabila masih bingung dengan sistem kelistrikan pada Motor balap maka pilihan bijak untuk membawa Motor ke bengkel modifikasi yang memang telah teruji dan berkompeten untuk menaikkan laju kecepatan sepeda Motor balap.

Demikianlah informasi tentang tips mengadopsi kelistrikan Motor balap yang mungkin diperlukan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com