AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Merawat Mobil Agar Awet Tidak Cepat Rusak

Cara merawat Mobil agar awet – Pada jaman sekarang ini di era modern, walaupun banyak dihadirkan Mobil terbaru dengan fitur komplit tetapi peredaran Mobil bekas tetap masih laris manis di pasaran. Bahkan pada beberapa pulau dengan pelabuhan bebas  seperti misalnya Batam dan Sabang, Mobil bekas dari Singapura merupakan pilihan siapa saja. Mobil bekas banyak diminati baik dari kalangan Mahasiswa atupun pegawai negri, bukan tanpa alasan hal tersebut dikarenakan harganya yang relative sangat murah. Tidak hanya itu, Mobil bekas ex-Singapura sudah terkenal berkualitas baik khususnya pada bagian mesinnya. Hal tersebut dikarenakan bahan bakar yang digunakan di Singapura minimum dengan kadar oktan 92 atau kalau di Indonesia setara dengan pertamax.

Tips Merawat Mobil Agar Awet

Banyak masyarakat yang mencari Mobil bekas dengan harga murah dan berkualitas serta terhindar dari kondisi rusak. Walaupun sebenarnya Mobil dirancang untuk tahan dalam kondisi bertahun-tahun, tetapi Anda juga harus memastikan bahwa Mobil Anda memiliki kondisi yang sangat baik dan bisa bertahan lama. Oleh sebab itu disini autogaya berikan tips tentang Cara merawat Mobil agar bertahan lama dan tidak mudah rusak.

Cara Merawat Mobil agar Tidak Cepat Rusak

Pergantian oli mesin secara berkala

Cara yang efektif dan sudah diketahui banyak orang agar Mobil bertahan lama adalah membiasakan diri untuk mengganti oli mesin Mobil secara berkala serta teratur. Hal ini memiliki pengaruh yang besar terhadap baik tidaknya kondisi mesin ketika dipacu dalam kegiatan sehari-hari. Biasanya disarankan peda pemiliki Mobil untuk mengganti oli mesin tiap 5000 km, akan tetapi hal tersebut bisa berubah dan bervariasi tergantung pemakaian dan oli mesin yang digunakan. Tidak hanya itu, pengecekan oli mesin juga harus dilakukan miniumal 3 hari sekali, hal tersebut bertujuan agar mengetahui serta memeriksa kondisinya apakah terjadi kebocoran atau tidak. Biasanya kebocoran oli ditandai dengan adanya rembesan atau oli berkurang.

Jangan Lupa baca juga:

Mencuci mobil hingga ke bagian bawah

Untuk tips selanjutnya tentang bagaimana cara merawat Mobil yang benar adalah dengan melalui proses pencucian, yang dimana tahap ini memang harus mencuci dengan benar. Untuk pencuciannya harus benar-benar bersih hingga kolong bawahnya. Bagian ini merupakan yang sering terlupakan oleh pemiliki Mobil saat mencuci Mobil di rumah. Pada saat musim hujan, maka aka nada lumpur yang menempel di bagian bawah Mobil. Apabila dibiarkan maka lama-kelamaan akan mengeras dan bisa menjadi karatan jangka panjang. Jika dibiarkan terus menerus maka akan berakibat karatan menyebar kebagian lain, sehingga bagian komponen mobil yang berkarat akan menyebabkan komponen tersebut cepat rusak.

Tips Merawat Mobil Agar Awet

Bagian bawah Mobil biasanya sudah terlapisi dengan cat anti karat, memang produsen Mobil sudah memberikan cat agar tidak mudah berkarat. Akan tetapi pada Mobil yang sudah lama atau umurnya tidak muda lagi maka cat anti karat tersebut akan terkikis dengan berjalannya waktu. Daya tahan cat yang dimilikinya pun berkurang sehingga tentu bisa terjadi karat.

Tips lain:

Nb. Untuk mengatasi hal tersebut alangkah baiknya jika tiap 5 tahun sekali melakukan cat anti karat dengan mengecat ulang.

Pemeriksaan tekanan angin ban

Tips lain yang tidak kalah penting tentang cara merawat Mobil supaya tahan lama adalah bahwa Anda harus memastikan ban mobil Anda selalu penuh dengan tekanan angin ban yang benar dan sesuai. Tekanan angin ban yang tidak sesuai akan menghasilkan ketegangan pada suspensi dan bantalan mobil. Akibatnya, daya suspensi akan melemah dengan cepat. Untuk alasan ini sangat penting bahwa semua ban mobil Anda diisi dengan tekanan ban yang benar. Pastikan Anda secara teratur memeriksa tekanan ban mobil Anda minimal seminggu sekali.

Tips Merawat Mobil Agar tahan lama

Membersihkan interior

Membersihkan Mobil bagian interior juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kekebalan Mobil Anda. Disamping itu Mobil dengan interior yang bersih akan memberikan pesona yang lebih serta memberikan kenyamanan secara maksimal. Apabila Anda ingin membersihkan bagian interior maka sebaiknya menggunakan  produk pembersih yang memang dikhususkan untuk bagian dalam Mobil. Seperti contohnya semprotan untuk jok kulit, sebaiknya menggunakan produk yang khusus untuk jok kulit jangan menggunakan produk unntuk jok bahan kain atau fabric.

Baca juga:


Mobil tidak disimpan dalam waktu yang terlalu lama

Untuk yang terahir tentang tips merawat Mobil agar bertahan lama adalah jangan menyimpan Mobil terlalu lama dalam bagasi. Apabial dalam keadaan terpaksa Mobil Anda harus ditinggal pergi misalnya pergi keluar kota bersama teman Anda sebaiknya Mobil dalam keadaan diselimuti atau dalam cover balon khusus. Selain itu, pada saat meninggalkan Mobil dalam waktu lebih dari 2 minggu, sebaiknya mencopot kabel yang terhubung dengan aki, hal ini bertujuan agar daya yang dimiliki aki tidak terbuang sia-sia.

Tips Merawat Mobil Agar tahan lama

Simak juga:

Demikianlah sedikit info tentang Tips Merawat Mobil Agar Awet, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com