AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Merawat Pedal Kopling Mobil Supaya tidak Berat

Tips merawat pedal kopling agar tidak keras – Kopling merupakan salah satu komponen yang penting dan memiliki fungsi untuk memutus dan menyambungkan putaran dari dapur pacu menuju sistem transmisi. Walaupun memiliki bentuk yang kecil tetapi kegunaannya sangat begitu penting khususnya untuk Mobil yang menggunakan transmisi manual. Sementara untuk Mobil transmisi otomatais/ matic tidak terlalu pusing memikirkan masalah kopling karena memang Mobil matic tidak menggunakan kopling.

 Simak juga:

Tips merawat pedal kopling agar tidak keras

Pada saa Mobil digunakan dalam kegiatan sehari-hari komponen kopling sangat sering bekerja terus menerus, oleh sebab itu perlu dilakukan perawatan pedal kopling agar tidak keras. Alasannya apabila digunakan terus menerus dan tidak dilakukan perawatan maka pastinya gangguan akan menghinggapinya, sehingga kenyamanan pastinya juga terganggu. Oleh sebab itu autogaya akan memberikan tips tentang bagaimana cara merawat pedal kopling Mobil agar terasa nyaman setiap saat, mari kita simak di bawah ini:

Baca juga: Cara Merawat Kopling Mobil Biar Awet

Tips Merawat Pedal Kopling agar Tidak Berat atau keras

 1. Pemeriksaan

Untuk langkah pertama adalah dengan mengecek kondisi sistem transmisi Mobil, dan mencari tahu mengapa pedal kopling terasa berat dan menjadi keras. Peneyebab kopling keras atau berat bisa karena beberapa masalah. Mari kita lihat di sini:

Free play terlalu kecil

Sebelumnya harus mengetahui kondisi kopling, Kondisi kopling yang bagus adalah apabila kopling ditekan penuh, maka pergantian gigi transmisi dapat dilakukan dengan keadaan halus atau mudah dan pada saat kopling dilepas setengah maka Mobil dapat bergerak. Salah satu penyebab kopling berat adalah free play yang terlalu kecil sehingga jarak tekan yang dimiliki terlalu besar.

Release bearing sudah kotor
Apabila pada bagian release bearing terdapat kotoran atupun karatan maka akan mengakibatka pergerakan komponen ini akan terganggu sehingga transmisi tidak bisa bekerja dengan maksimal. Adapun cara mengatasinya adalah dengan member cairan anti karat. Apabila release bearing sudah bersih dari kotoran dan karat maka akan bekerja secara maksimal sehingga pedal kopling akan menjadi ringan seperti baru.

2. Gunakan kopling dengan bijak

Kebiasaan yang sering terjadi pada pengenmudi adalah pengaturan emosi saat mengatur dan memasukkan gigi transmisi. Ketahanan kopling pada Mobil sangat bergantung dengan perilaku dan cara pemakaian serta penggunaannya. Usahakan jangan menginjak kopling secara setengah-setengah atau memancing tenaga, karena beban pada kinerja kopling akan semakin berat. Apabila hal tersebut dilakukan terus menerus maka dalam waktu singkat kopling pada Mobil Anda akan aus.

3. Penggantian part kopling

Apabila komponen kopling sudah mengalami keausan maka jangan dipaksakan untuk tetap menggunakannya, karena hal tersebut bisa mengakibatkan komponen lainnya ikut tertular kerusakannya. Langkah yang tepat adalah menggantinya dengan part kopling yang baru, hal ini dilakukan demi keselamatan pengendara Mobil itu sendiri, dari pada ingin hemat tapi malah terjadi hal yang tidak diinginkan.

Simak juga:

Demikianlah info tentang Tips Merawat Pedal Kopling Mobil tidak Berat atau Keras, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di autogaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com