AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Merawat Radiator Mobil Dengan Mudah Agar Tetap Maksimal

Cara Mudah merawat radiator Mobil – Seperti yang kita tahu bahwa Mobil adalah salah satu kendaraan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk alasan mengapa memilih mobi bervariasi, seperti misalnya bisa membawa sekeluarga bepergian, faktor kemanan dan kenyamanan saat menghadapi cuaca yang tak terduga seperti hujan.

Akan tetapi mempunyai sebuah Mobil juga harus melakukan perawatan, hal tersebut agar kinerja Mobil dapat maksimal baik dari segi bodi tetap menarik dan mesin terjaga. Komponen Mobil juga membutuhkan perawatan yang dilakukan secara berkala, hal tersebut supaya komponen Mobil dapat bekerja sesuai kebutuhan dan tugasnya dengan lancar. Salah satu komponen yang perlu dilakukan perawatan adalah radiator Mobil.

Radiator Mobil merupakan komponen utama sistem pendinginan mesin Mobil dengan menggunakan air sebagai mediasi. Jadi dengan fungsinya tersebut apabila bekerja dengan semestinya pasti mesin Mobil akan tetap dalam kondisi dingin tidak terlalu panas. Perlu diketahui bila suhu mesin berlebih akibat radiator  mengalami kerusakan bisa menyebabkan mesin Mobil Overheat. Baca juga: Cara Mengatasi Overheat

Merawat Radiator Mobil

Dengan melihat hal tersebut tentunya sangatlah penting untuk merawat radiator Mobil dengan benar. Kali ini autogaya.com akan memberikan informasi mengenai perawatan radiator Mobil yang bisa Anda lakukan dan sebagai tambahan informasi.

Cara Mudah merawat radiator Mobil agar tetap maksimal

Volume kurang tidak selalu karena ada kebocoran

Pada saat temperature sedang tinggi, maka di dalam radiator akan timbul juga tekanan yang tinggi. Hal tersebut bisa menekan per pada bagian tutup radiator, kondisi kelebihan tekanan tersebut disalurkan menuju reservoir. Oleh karena hal tersebut maka di dalam sistem radiator akan timbul vakum.begitu juga sealiknya, apabila tekanan mesin turu, maka vakum tersebut dapat menghisap air radiator kembali lagi. Dengan hal tersebut jangan langsung panik pada saat volume air berkurang ketika mesin Mobil bekerja.

Untuk batas aman volume air dalam radiator Mobil adalah berada di tengah-tengah indikator low dan full.

Jangan menggunakan air keran

Air dalam radiator berfungsi sebagai pendingin mesin, selain itu fungsi lainnya adalah mencegah timbulnya karat. Jadi jangan sampai menggunakan air keran ataupun air mineral yang dapakai untuk mengisi radiator Mobil. Hal tersebut sangat beresiko tinggi karena kandungan zat besi pada air keran sangat tinggi dan malah dapat memicu terjadinya korosi.

Jadi apabila menggunakan air mineral atau air keran akan memperpendek umur dari komponen radiator Mobil. Supaya tidak terjadi hal tersebut, maka sangat disarankan untuk menggunakan cairan khusus yakni radiator coolant.

Menguras air radiator

Pengurasan air radiator memang perlu dilakukan. Untuk waktu menguras air radiator Mobil berbeda-beda, Anda bisa melihatnya di buku manual yang ikut disertakan saat membeli Mobil. Sebagai contoh Mobil Avanza dan kijang innova yang pergantiannya dilakukan 160 ribu kilometer untuk pertama dan interval kedua di angka 80 kilometer.

Memilih radiator coolant yang tepat

Banyak dijual dipasaran produk radiator coolant, akan tetapi lebih baik menggunakan yang disarankan oleh pihak pabrikan. Hal tersebut dikarenakan ketika mesin panas, air radiator akan melakukan tugasnya dan terjadi reaksi kimia. Jadi jika air radiator tidak sesuai maka dapat menimbulkan adanya endapan. Tidak hanya itu saja, endapan yang tejadi bisa menyebabkan terjadinya keropos, getas  dan penyumbatan sel-sel radiator.

Tutup radiator

Jangan meremehkan salah satu bagian dari radiator ini. Bila selesai menambahkan air radiator, pastikan tangki penampung radiator tertutup rapat. Dengan begitu radiator coolant tidak keluar ketika temperatur mesin sudah panas. Di samping itu lakukan pengecekan sistem kerja radiator yang meliputi bagian tutup, reservoir, selang dan lain-lain.

Baca juga:

Tips Aki Mobil agar berumur Lebih Lama

Cara Yang Benar Mencuci Mesin Mobil dan pantangannya

Itulah tips merawat radiator Mobil dengan mudah. Semuanya bisa bekerja maksimal jika perawatannya dilakukan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pabrikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com