AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Perawatan Kampas Rem pada Motor Supaya Awet

Mengendarai sepeda motor merupakan hal yang umum pada setiap orang jaman sekarang. Bahkan di setiap desa 90% mempunyai kendaraan roda dua tersebut. Di kegiatan sehari-hari pasti tiap orang tidak akan terlepas dari Motor karena memang sebagai alat transportasi pribadi yang bisa dibilang hemat dan lincah untuk menerjang kemacetan di jalan. Akan tetapi kebanyakan pengendara kurang mengetahui permasalahan yang terjadi pada Motor mereka, seperti pengetahuan tentang onderdil seperti merawat kampas rem. Perawatan komponen keselamatan ini sangatlah penting karena rem sebagai penahan laju kendaraan bermotor.

Tips Perawatan Kampas Rem pada Motor Supaya Awet

Cara menjaga kampas rem supaya awet

Apabila menginginkan kampas rem pada Motor tetap awet, langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pengecekan terhadap posisi dan keadaan tromol. Yang intinya pada sisi penampang dudukan cakram baik tromol bekas ataupun baru. Lakukan pembersihan pada tromol dan pastikan bersih sepenuhnya, untuk caranya bisa menggunakan kuas atau semprot dengan compressor. Cek pada permukaan dudukan cakram, pastikan dalam keadaan rata, hal tersebut mempunyai tujuan agar piringan cakram dapat berputar dengan simetris sampai beban kampas tidak begitu berat. Baca juga: Cara Cek Kampas rem telah habis

Untuk tahap selanjutnya adalah membersihkan caliper dan pin fleksibel. Tujuan melakukan pembersihan pada komponen tersebut agar desakan yang dihasilkan kampas rem sama rata. Jangan lupa untuk memperhatikan jarak bebas antara piringan dan kampas rem, apabila belum prima maka aturlah dalam posisi yang pas atau bisa dengan memutar roda Motor dan lihatlah piringan cakram tidak menyentuh kampas rem. Tips tersebut merupakan cara setting jarak piringan dan kampas.

Langkah selanjutnya adalah selalu memperhatikan bearing roda telah terpelumasi dengan maksimal dan pelumasilah secara teratur. Hal tersebut dilakukan supaya terhindar dari masalah bearing atau spearing serta bisa menyebabkan kampas rem akan bersinggungan dengan cakram apabila tidak diberi pelumas secara teratur.  Mengatasi Rem Berdecit

Untuk tips merawat rem terahir dari autogaya adalah melakukan pengereman dengan benar. Pada saat berkendara usahakan jangan terlalu dekat dengan kendaraan di depan, hal tersebut guna untuk menghindari pengereman secara terus menerus. Apabila dilakukan bisa menyebabkan kampas rem mudah terbakar dan menjadikan usia kampas rem lebih pendek. Sebenarnya cara menjaga kampas rem supaya awet terbilang mudah apabila dilakukan dengan cara yang benar.

Simak juga: Daftar Plat Nomor di seluruh Wilayah Indonesia

Demikianlah sedikit info tentang menjaga kampas rem supaya awet, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com