AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Tips Persiapan Mudik dengan Mobil atau perjalanan jauh

Tips Mudik Dengan Mobil – Mudik merupakah hari yang paling ditunggu oleh orang yang meninggalkan rumahnya demi bekerja untuk kebutuhan hidup, biasanya hal ini banyak di perkotaan. Lalu apa arti mudik itu? Mudik adalah suatu kegiatan untuk melakukan perjalanan menuju kampung halaman demi berkumpul dengan semua anggota keluarga. Hal ini merupakan sebuah tradisi di Indonesia yang biasanya terjadi pada hari Lebaran.

Pada hari dimana semua orang di kota ingin melakukan mudik, pada saat itulah lonjakan trafik pengguna jalan meningkat besar, kemacetan dimana-mana yang menjadikan para Polisi atau pengatur lalu lintas kualahan untuk menertibkannya serta dipaksa memutar otak supaya mendapatkan setrategi yang pas untuk menghadapi lonjakan pengguna jalan tersebut.

Tips Persiapan Mudik dengan Mobil

Bagi para pemudik tentunya persiapan mudik juga harus dilakukan, jangan asal nylonong. Apabila tanpa persiapan maka dikhawatirkan adalah kesehatan dan keamanan pemudik itu sendiri dan lainnya. Jadi persiapan mudik yang benar merupakan suatu yang harus dilaksanakan untuk kepentingan bersama.

Artikel menarik lainnya:

Persiapan mudik dengan Mobil memang harus dilakukan, karena mungkin jarak yang jauh juga tentunya membuat seluruh badan akan kecapekan menerjang macet di jalanan. Oleh sebab itu persiapkan mudik sebaik-baiknya dan jaga kesehatan yang utama.

Oleh sebab itu autogaya akan memberikan tips mudik dengan Mobil yang aman supaya Anda bisa bersiap-siap melakukan perjalanan mudik untuk bertemu dengan keluarga. Mari kita simak:

Tips Persiapan Sebelum Mudik atau perjalanan jauh dengan Mobil

 Cek kondisi Mobil

Hal ini merupakan awal permulaan sebelum melakukan mudik serta sangat memiliki pengaruh besar dalam perjalanan Anda. Kebanyakan orang yang diperiksa hanyalah kondisi mesin dan radiator sehingga melupakan komponen lain seperti power steering dan kaki-kaki. Sehingga tidak sedikit pemudik mengalami gejala ball joint rusak atau bushing arm saat dalam perjalanan. Hal ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan dalam melakukan perjalanan. Selain itu ada juga yang mengalami masalah power steering yang susah dikendalikan karena mengalami gangguan sehingga setir menjadi liar dan susah dikontrol. Oleh sebab itulah jangan lupa cek kondisi Mobil sepenuhnya walau hal itu dianggap sepele.

Sediakan perlengkapan Mobil

Untuk persiapan selanjutnya adalah dengan melengkapi apa yang dibutuhkan saat melakukan perjalanan. Jangan lupa membawa coolant water untuk radiator, sedangkan untuk perlengkapan lainnya juga harus disiapkan dengan teliti serta dibutuhkan dalam perjalanan seperti kotak P#K dengan isinya, kadang ada yang lupa membawa isi dari kotak P3K tersebut karena hanya kotaknya saja dan jagan lupa pastikan isi dari kotak P3k tidak kadaluarsa. Untuk perlngkapan lain yang juga dibutuhkan meliputi busi, segitiga pengaman, dongkrak, bohlam cadangan serta toolset. Hal diatas merupakan barang yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh. Untuk yang lainnya jangan lupa mengecek kondisi ban serep, apakah masih dapat digunakan serta cek juga tekanan anginnya sebagai persiapan di jalan.

Simak juga:

Perhatikan kondisi tubuh

Mungkin bagi penumpang hal ini kurang begitu diperhatikan, karena memang apabila kelelahan tinggal tidur di Mobil. Akan tetapi menjaga kondisi kesehatan tubuh sangatlah penting terutama pengemudi Mobil. Nah untuk melakuka perjalanan usahakan kondisi dalam keadaan prima dan siap tempur, hindarilah begadang di malam hari apabila paginya melakukan perjalanan, agar rasa kantuk tidak timbul saat berada dalam perjalanan.

Untuk menunjang kondisi tubuh Anda, sebagai langkah persiapan mudik sebaiknya memakan makanan yang bergizi tinggi serta minumlah vitamin untuk menambah stamina agar tubuh menjadi bugar. Apabila rasa kantuk masih menyerang sebaiknya beristirahatlah di tempat yang aman seperti Pom Bensin/ SPBU, supermarket, pos polisi  atau Pos Mudik yang banyak disediakan di pinggir jalan oleh pemerintah atau relawan mahasiswa.

Saat perjalanan

Persiapkan diri dalam perjalanan, selalu jaga konsentrasi dalam berkendara. Anda juga bisa melakukan hal yang bisa membuat tetap focus seperti dengan memakan makanan ringan atau memakan permen mint tergantung selera Anda dan tidak mengganggu konsntrasi dalam mengemudi. Gunakanlah layanan GPS agar dapat mengetahui kondisi lalu lintas yang akan dilewati, selain itu GPS juga bisa digunakan untuk mencari letak layanan umum seperti Pom Bensin, Pos Polisi, Supermarket, Tempat makan, Hotel, Rumah sakit dan lainnya. Hindarilah menggunakan jalan pintas yang Anda belum tahu benar jalur pintas tersebut demi keamanan terutama saat malam hari.

NB. Jangan sampai jarum penunjuk isi bensin berada di bawah setengah, Karena pada saat mudik biasanya pom bensin penuh dan harus antri berjam-jam. Jadi apabila melihat pom bensin agak sepi sebaiknya isilah tangki Mobil Anda hingga penuh jangan sampai menunggu mau habis karena akan memberikan efek tunggu di pom bensin yang lama.

Baca juga:

Demikianlah sedikit info tentang Tips Persiapan Mudik dengan Mobil, semoga bermanfaat dan silahkan share apabila artikel ini bermanfaat serta Saya ucapkan terima kasih telah mengunjungi website Saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com