AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Ulasan Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Aerio

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Aerio – Mobil Aerio merupakan jenis Hatchback yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada tahun 2001 dilakukan secara CBU. Selanjutnya untuk perakitan lokalnya dilakukan pada tahun 2003 bersama dengan versi sedannya yaitu Suzuki Baleno Next-G. Suzuki aero merupakan pengganti dari Suzuki Forsa yang telah berhenti dalam hal produksi, selain itu Forsa juga dalam segmen Mobil hatchback. Sedangkan untuk Suzuki Baleno Next-G menggantikan baleno lawas. Setelah berkiprah sampai 2006, akhirnya Mobil ini digantikan oleh produk andalan lain Suzuki yakni SX-4.

Desain eksterior Suzuki aero

Spesifikasi harga Suzuki Aerio

Dengan masuk dalam segmen Mobil hatchback bukan berarti Suzuki aero laris manis dalam hal penjualan. Stelah kurun waktu setahun Suzuki aero beredar, pihak Honda menghadirkan Honda Jazz GD3 yang akhirnya langsung jadi bidikan para konsumen. Hal tersebut dikarenakan tampilan bodi yang dapakai Suzuki Aero terbilang kurang menarik. Pihak Suzuki memang menawarkan tampilan styling, namun kesan 90-an masih menempel pada Mobil Aero. Walaupun begitu, namun bentuk dari Mobil yang dimiliki Suzuki Aero lebih proposional dibandingkan dengan baleno Next-G.

Desain Interior Suzuki Aerio

Interior Suzuki Aerio

Pada bagian dalam kabin akan membuat lupa bahwa Mobil ini merupakan jenis Hatcback. Dengan bentuknya yang panjang dan tinggi menjadikan ruang kaki dan kepala begitu luas. Hal inilah yang merupakan kelebihan Suzuki aero. Selain itu Mobil ini juga mempunyai susunan panel kontrol yang sangat rapi, akan tetapi sayangnya peletakannya berada di bawah, sehingga akan mengganggu konsentrasi pengemudi saat ingin mengoperasikannya. Tapi baiknya telah dilakukan desain ulang pada versi facelift menjadi lebih baik. Akan tetapi pada bagian opsi instrument klaster masih menggunakan digital kembali menggunakan jarum konvensional. Didalam hal ini maka versi prefacelift lebih modern walaupun untuk masalah perawatan sedikit mahal. Yang lebih menarik lagi, kursi pengemudi bisa dilakukan pengaturan dalam ketinggiannya serta mempunyai jangkauan yang cukup dari depan sampai belakang. Tidak lupa pula fitur tilt steering yang berguna untuk membantu pengemudi dalam menemukan posisi kerendahan dan ketinggian stir supaya lebih nyaman.

Performa Mesin Suzuki Aerio

Mesin Suzuki Aerio

Suzuki Aerio menggunakan mesin 1.5 liter  dengan empat silinder terbuat dari bahan aluminium. Suzuki aero juga menggunakan 16 katup dan injeksi bahan bakar elektronik. Dengan menggunakan mesin tersebut aero mampu menghasilkan tenaga hingga 100 HP pada 5.900 RPM dan torsi 133 Nm pada 3.100 RPM. Mesin Suzuki aero mempunyai rasio sebesar 9.5:1 dan masih aman menggunakan premium. Gearbox manual 5 percepatan hadir sebagai standar. Namun, gearbox otomatis 4 percepatan juga disediakan bagi yang menyukai mteknologi atic.

Review Suzuki Aerio

Spesifikasi Suzuki Aerio

Mesin : M15A 4 silinder segaris 16 katup DOHC.

    Tenaga : 100 HP @5.900 RPM.

    Torsi : 133 Nm @3.100 RPM.

    Rasio kompresi : 9.5:1.

    Bore x stroke : 78 mm x 78 mm.

    Konsumsi BBM : 9-12 km/L (dalam kota) ; 13-15 km/L (luar kota).

    Transmisi : manual 5 percepatan dan matic 4 percepatan.

    Suspensi : Depan dan belakang double wishbone.

    Rival : Honda Jazz GD3 dan Toyota Yaris NCP91.

Kelebihan Suzuki Aerio     Harga murah dan terjangkau.

Biaya perawatan murah.

Suku cadang melimpah.

Kabin sangat luas untuk seukuran hatchback.

Jaringan aftersales cukup banyak.

Bagasi luas.

Relatif irit.

Nyaman.

Kekurangan Suzuki Aerio     Model kurang bagus.

Mesin kurang responsif.

Harga jual kembali rendah.

Kursi terlalu tegak.

Visibilitas terhalang.

Kaki-kaki ringkih.

Peredaman kabin kurang maksimal.

Harga Suzuki Aerio

  •     Tahun 2001 : 70 juta.
  •     Tahun 2002 : 75 juta.
  •     Tahun 2003 : 80 juta.
  •     Tahun 2004 : 85 juta.
  •     Tahun 2005 : 90 juta.
  •     Tahun 2006 : 100 jutaan.

Baca juga:

Demikianlah informasi tentang review spesifikasi harga serta keunggulan dan kelemahan Suzuki Aero. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com