AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Peraturan Undang-Undang Tentang Modifikasi Motor

Modifikasi Motor memang sangat digemari sebagian orang terutama kalangan anak muda, yang dimana dengan merubah segala bentuk bagian kendaraan tersebut sehingga berubah dastris seperti yang mereka inginkan. Dengan memodifikasi motor mungkin pemiliknya akan terasa bangga dengan hasilnya, akan tetapi pihak-pihak tertentu pasti juga tidak senang dengan modifikasi motor. Selama tidak mengganggu orang lain tidak masalah kan.

http://www.autogaya.com/search/label/Modifikasi

Akan tetapi tahukah anda tentang Peraturan Undang Undang Modifikasi Motor, yang kabarnya akan didenda hingga Rp. 24 juta. coba bayangkan apabila anda membeli motor yang kisaran harganya sekitar Rp. 15 juta, terus anda modifikasi setelahnya anda ditilang dengan harga tersebut, pasti jawaban anda silahkan bawa aja pak motornya !!

Peraturan undang-undang tentang Modifikasi motor memang sudah diterbitkan pada tahun 2012 silam, dan bagi anda ingin melakukan modifikasi motor sebaiknya konfirmasi dahulu terhadap pihak berwenang agar mendapat sertifikat modifikasi. Nah mungkin anda penasaran tentang undang-undang tersebut.

Peraturan Undang-Undang Modifikasi Motor

Peraturan perundangan-undangan yang dimaksudkan adalah terdapat di Pasal 131 huruf e dan pasal 132 ayat (2) dan ayat 7 PP No 55 Tahun 2012 tentang kendaraan Jo Pasal 50 ayat (1) UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa kendaraan yang dimodifikasi sehingga menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin dan kemampuan, daya angkut, wajib dilakukan uji tipe untuk memperoleh sertifikat.

Berikut ini isi lengkap peraturan PP No 55 Tahun 2012 tentang kendaraan (Pasal 131 huruf e dan pasal 132 ayat (2) dan ayat 7) dan UU No 22 Tahun 2009 pasal 50:

PP No 55 Tahun 2012

Pasal 131: Penelitian Rancang Bangun dan Rekayasa Kendaraan Bermotor; Penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor,
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 123 ayat (1) huruf b dilakukan terhadap desain:

a. rumah-rumah;
b. bak muatan;
c. Kereta Gandengan;
d. Kereta Tempelan;
e. Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi yang menyebabkan perubahan tipe berupa dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut.

Pasal 132:

Ayat 1: Penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor terhadap rumah-rumah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 131 huruf a paling sedikit meliputi:

a. rancangan teknis;
b. ukuran dan susunan;
c. material;
d. sistem kelistrikan;
e. kaca, pintu, engsel, bumper;
f. sistem lampu dan alat pemantul cahaya;
g. tempat duduk;
h. akses keluar darurat;
i. tempat pemasangan tanda nomor Kendaraan Bermotor;
j. sabuk keselamatan;
k. tempat ban cadangan; dan
l. tangga penumpang khusus untuk Mobil Bus.

Ayat 2: Penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor terhadap bak muatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 131 huruf b paling sedikit meliputi:

a. rancangan teknis;
b. ukuran dan susunan;
c. material;
d. pintu, engsel, dan bumper;
e. sistem lampu dan alat pemantul cahaya;
f. tempat pemasangan tanda nomor Kendaraan Bermotor; dan
g. perisai kolong.

UU No. 22 Tahun 2009 Pasal 50:

(1) Uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 49 ayat (2) huruf a wajib dilakukan bagi setiap Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan, yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri, serta modifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe.

(2) Uji tipe sebagaimana dimaksud pada ayat (1) terdiri atas:
a. pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan laik jalan yang dilakukan terhadap landasan Kendaraan Bermotor dan Kendaraan Bermotor dalam keadaan lengkap; dan
b. penelitian rancang bangun dan rekayasa Kendaraan Bermotor yang dilakukan terhadap rumah-rumah, bak muatan, kereta gandengan, kereta tempelan, dan Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi tipenya.

(3) Uji tipe sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan oleh unit pelaksana uji tipe Pemerintah.

(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai uji tipe dan unit pelaksana sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat
(3) diatur dengan peraturan pemerintah.

Demikianlah informasi tentang Undang-undang Modifikasi Motor, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memodifikasi motor anda terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com