AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Inilah Waktu yang tepat ganti V-Belt Motor matic

Waktu yang tepat ganti V-Belt Motor matic – Pasaran otomotif di Indonesia semakin besar dengan hadirnya sepeda Motor jenis matik. Motor dengan kelas tersebut sangat digemari terutama kalangan anak muda. Selain nyaman saat dikendarai juga terkenal sangat irit bahan bakar. Motor bertransmisi otomatis mempunyai banyak varian warna serta dalam mengendarai lebih praktis.

Apabila dilihat sekilas maka akan terlihat bahwa Motor matic tidak memiliki rantai seperti Motor pada umumnya. Memanglah benar jika sepeda Motor dengan transmisi otomatis tidak menggunakan rantai, sebagai penggantinya Motor jenis ini menggunakan V-belt untuk menggerakkan roda saat Motor dihidupkan.

inilah-waktu-yang-tepat-ganti-v-belt-motor-matic

Baca juga: Cara Merawat Motor Modifikasi Dengan Mudah

Adapun Fungsi dari V-belt adalah membuat putaran dari pulley bagian depan (engine) kepulley belakang (roda). Seperti yang dijelaskan bahwa fungsi V-belt sangat penting, sehingga sangatlah perlu untuk mendapatkan perhatian yang lebih. Hal tersebut dilakukan supaya menghindari kerusakan yang tidak terduga. Lanpas bagaimana cara mengetahui Waktu yang tepat ganti V-Belt Motor matic?

Untuk mengetahui waktu untuk mengganti V-belt sepeda Motor jenis matic sebenarnya ada tanda-tandanya. Adapun tandanya adalah ketika tarikan Motor melemah, terdapat noise pada komponen kopling atau sepeda Motor bergetar/ berisik.

Komponen V-belt apabila telah habis masa pakai sebaiknya segera diganti, karena jika melewati batas maksimum penggunaan V-belt akan menimbulkan retakan pda karet V-belt itu sendiri dan bisa menyebabkan terjadinya getaran pada Motor.

Simak juga: Alasan mengapa Tidak boleh Memotong rantai sepeda Motor

Nah untuk waktu standar dalam melakukan pergantian V-belt adalah setiap 30.000 km sekali. Meskipun belum putus tetap harus dilakukan pergantrian sebagai langkah untuk menghindari kecelakaan di jalanan.

Setalah sedikit penjelasan di atas pastinya penasaran tentang cara merawat V-belt pada Motor Matic. Untuk perawatannya adalah dengan melakukan pembersihan setelah melewati 20 000 km. selain itu jangan lupa untuk memberikan cairan belt dressing pada v-belt.

Tidak hanya itu saja, kondisi V-belt harus bersih dari air dan debu. Sebagai langkah antisipasi adalah dengan memerikasakan secara rutin di diler Motor terdeka, selain itu merupakan langkah waspada bila V-belt putus di jalanan.

Lihat juga: Cara membersihkan ruang bakar sepeda motor dengan mudah

Demikianlah informasi tentang Waktu yang tepat ganti V-Belt Motor matic, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com