AUTOGAYA

Berita Terbaru Serta Spesifikasi dan Harga Mobil Motor

Waspada | Ini Penyebab Velg Mobil Retak Tanpa Disadari

Velg Mobil merupakan  salah satu komponen kaki-kaki yang sangat penting. Fungsi dari pelek Mobil adalah sebagai tempat ban Mobil sebagai perantara ban dan poros. Letakdari komponen ini berada di bawah bodi Mobil dan digunakan untuk berjalan. Akan tetapi dengan pentingnya hal tersebut masih banyak pengendara yang tidak peduli dengan pelek Mobil.

Yang dimaksud ketidak pedulian yang biasa terjadi adalah, pengendara seringkali memacu Mobil dalam kecepatan yang tinggi saat melintasi jalanan yang rusak atau berlubang. Tidak hanya itu saja, kesalahan lainnya adalah membiarkan tekanan angin di dalam ban berlebih atau malah kekurangan.

Penyebab Velg Mobil Retak

Penyebab Velg Mobil Retak

Menurut Aldhy M Siregar yang merupakan Marketing Manager PT Sinar Agung Mulia (JF Luxury) mengatakan, bahwasanya jika kedua hal tersebut sering dilakukan maka velg Mobil bisa retak atau rusak.

“Kebanyakan pelek retak atau pecah adalah ketika dipakai dengan kecepatan tinggi itu menghantam sesuatu, seperti lubang. Jadi bisa dibayangkan kecepatan tinggi melewati jalan berlubang dan menggunakan ban tipis. Tekanan angin pada ban juga bisa menyebabkan pelek retak,” ujarnya.

Ti8dak hanya itu saja, penyebab pelek retak bisa terjadi karena ukuran velg tidak sesuai dengan rekomendasi yang telah dianjurkan oleh pabrkan.

Simak juga: Kegunaan Pecahan Bumper Mobil Yang Jarang Diketahui

“Mobil standar menggunakan pelek berukuran 17 inci, tapi si pemilk mobil malah pakai 20 inci. Ketika mobil itu melaju pada kecepatan tinggi secara terus-menerus, maka pelek akan pecah sekalipun yang digunakan adalah pelek ternama. Tapi pecahnya tidak parah sampai berkeping-keping, minimal retak saja,” terang dia.

Untuk umur pemakaian tidak ada hubungannya dengan penyebab velg Mobil reta. Pihak Aldhy juga menjelaskan, bahwa sebelum velg Mobil dipasarkan maka akan diuji terlebih dahulu oleh pihak pabrikan.

“Kenapa tidak ada masalah karena pelek-pelek itu ketika ingin disebar ke pasar, pasti sudah menjalani tes, yang mana ketika dites itu skala berapa dan ketika memenuhi standar baru dijual. Makanya perlu sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI),”

Jadi selalu perhatikan kondisi velg saat melintasi jalan rusak dan juga selalu memperhatikan tekanan ban Mobil Anda.

Baca juga: Hati-Hati Mobil Mudah Karatan Jika Terkena Air Hujan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

AUTOGAYA © 2017 autogaya.com